6 Hal Yang Tidak Boleh Diumbar di Media Sosial, Apa Saja?
Article

6 Hal Yang Tidak Boleh Diumbar di Media Sosial, Apa Saja?

  • 15 Sep 2021
  • Zahra Nur Azizah

Media sosial, dizaman sekarang banyak orang yang membagikan segala hal mereka di media sosial. Yang perlu kita lakukan menyaring mana yang baik dan pantas mana yang tidak pantas untuk dilihat banyak orang. Sebab, jika kita tidak menyaringnya takutnya dapat membahayakan diri kita sendiri sebagai penggunanya.

Sering memposting atau membagikan segala hal baik itu aktivitas sehari-hari, cerita Bahagia dan sedih dan bahkan soal perasaan atau percintaan. Dapat membahayakan diri kita sebagai pengguna media sosial, sebab kita menjadi terbuka di media sosial. takutnya apa yang kita bagikan di media sosial disalah gunakan orang lain yang mungkin tidak suka dengan kita. Untuk itu, untuk mencengah hal itu terjadi. Mari simak apa saja sih hal yang tidak boleh diumbar di media sosial.

1. Kehidupan percintaan
Membagikan hal yang satu ini yang paling banyak dilakukan dizaman sekarang terutama anak remaja yang sedang kasmaran. Kehidupan percintaan merupakan masalah yang bersifat pribadi antara kita dengan pasangan kita. Sebenarnya, membagikan postingan tentang hal ini tidak apa-apa selagi masih sewajarnya dan sekedar memberi tahu kepada orang banyak bahwa kalian memiliki hubungan. Tapi harus diingat jika diantara kalian ingin membagikan postingan kalian berdua harus sesuai dengan kesepakatan kalian. Hal tersebut bertujuan untuk menjegah terjadinya masalah didalam hubungan kalian berdua. Dan satu lagi jangan terlalu sering memposting hal tersebut takutnya orang yang melihat bosan akan postingan yang sering kamu bagikan.

2. Pendapatan dan pengeluaran 
Tidak perlulah membagikan pendapatan dan pengeluaranmu di media sosial, untuk apa juga. Kecuali keluarga dan yang kita kasih tahu, orang lain tidak berhak mengetahui hal tersebut. jika hal tersebut dibagikan ke media sosial yang sifatnya luas yang bukannya mendapatkan pujian malah kita mendapatkan hujatan dari para netizen yang tidak suka dan membuat iri banyak orang karena merasa belum bisa mencapai kesuksesan yang kita dapat.

3. Permasalahan hidup seperti keluarga, pekerjaan dan lain-lain
Kebanyakan orang membagikan masalah ini di media sosial untuk meringankan beban mereka. Sebab, mereka berpikir jika masalah ini di bagikan di media sosial sama saja dengan kita bercerita. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak baik karena tidak semua orang yang membaca postingan kamu mereka akan peduli dengan masalah kita, kecuali orang yang membaca mungkin kenal dan paham akan perasaan kita. Maka lebih baik jika kalian ceritakan masalah pribadi dan keluarga kepada sahabat dan teman dekat. Atau lebih baik jika diselesaikan dengan membicarakannya kepada keluarga agar mendapatkan jalan keluar.

4. Rencana hidup
Daripada kita menceritakan dan membagikannya di media sosial tentang rancangan kehidupan kita di masa depan. Alangkah baiknya jika kita simpan sendiri dan rancangkah rencana tersebut dengan matang. Jika kita mau menceritakannya lebih baik kepada keluarga atau teman dekat bisa saja mereka akan selalu dukung dan memberikan masukan kepada kamu. 

5. Keburukan dimasa lalu
Hal ini tidak berguna untuk dibagikan selain itu juga dapat membuat citra buruk terhadap dirimu. Kecuali, jika kalan membagikan hal buruk tersebut untuk memotifasi orang banyak untuk tidak melakukan hal buruk karena dapat menghancurkan masa depan mereka seperti yang dialami dengan kamu contohnya. 

6. Kebaikan yang di perbuat
Membagikan kebaikan dengan tujuan pamer dan membuat orang banyak kesal dan benci itu tidak boleh. Kecuali jika kalian membagikan kebaikan dengan tujuan membantu dan memberikan manfaat itu tidak masalah. Sebab, dengan postingan kamu banyak orang yang melihat mereka semua malah berpartisipasi untuk membantu.

Demikian hal yang tidak boleh diumbar di media sosial. semoga kalian paham mana yang berdampak baik dan memmberikan manfaat mana yang justru menimbulkan hujatan para netizen. Pandai-pandailah dalam memainkan dan membagikan segala hal di media sosial.