Akibat Dari Jarangnya Bersedekah
Article

Akibat Dari Jarangnya Bersedekah

  • 15 Oct 2021
  • Zahra Nur Azizah

Perlu diketahui bahwa jarang mengeluarkan sebagian harta untuk di sedekahkan memiliki dampak buruk bagi kehidupan dunia dan akhirat seseorang. Apa saja dampak buruk itu, mari simak dibawah ini.

1. 'Berutang' setiap harinya
Rasulullah pernah bersabda, “Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha,” (HR Muslim).

Maksudnya, kita disuruh bersedekah setiap harinya. Dan jika tidak dibayar tiap ruas tulang kita akan berhutang setiap harinya. Untuk membayarnya kita bisa bayar dengan bersedekah tenaga, ilmu, berdzikr, berbuat baik dan juga bisa dengan sholat dhuha. Dampak buruk jika kita enggan untuk bersedekah, tentu hutang kita akan selalu bertambah setiap harinya dan pasti akan di tagih. Maka jangan kaget jika Allah memberikan azab, misalnya diberikan penyakit yang serius. Maka bersedekahlah meskipun sedikit dan bersedekah juga bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan uang.

2. Sulit merasakan nikmatnya harta yang dimiliki
Sekarang banyak orang kaya raya yang tidak bisa menikmati kehidupannya, padahal harta yang dimilikinya sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Hal itu timbul karena seseorang yang sudah diberikan kenikmatan yang cukup tapi tidak sedikitpun untuk disedekahkan hartanya. Padahal dengan kita berbagi meskipun sedikit dan hidup kita pas-pasan, kehidupan kita terlihat nikmat karena yang kita kaya akan hati.

3. Harta akan menjadi musnah di hari akhir
Kekayaan yang kita miliki didunia tidak akan bisa kita bawa pada hari akhirat, karena kenapa? Kekayaan yang kita miliki itu hanya titipan dari Allah, maka bagi kalian yang mempergunakannya untuk hal buruk atau hanya disimpannya tanpa adanya niat untuk diberika kepada orang yang membutuhkan, ketahuilah bahwa kekayaan itu akan berbalik menjadi musuh di hari akhir. Hal itu terdapat dalam firman Allah pada surat At-Taubah: 34-35, di ayat tersebut dijelaskan bahwa seseorang yang menyimpan hartanya tanpan berniat membagikannya niscaya akan mendapatkankan siksaan yang pedih dan Allah berkata, “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.”

Setelah #kawanaksi tahu apa saja dampak buruk yang terjadi jika kita enggan untuk bersedekah. Semoga kita semua bukan termasuk orang-orang tersebut dan kita selalu senantiasa untuk selalu bersedekan berapa pun penghasilan kita hari ini, sisihkan untuk bersedekah. Bahkan, paksa diri untuk mampu berbagi setiap hari. Tak harus selalu dengan materi, bisa juga dengan jasa yang kita miliki.