Apa itu Virus Corona China yang Gegerkan Dunia ?
Article

Apa itu Virus Corona China yang Gegerkan Dunia ?

  • 30 Jan 2020
  • Difa Nur Fauziah

Di daratan China pada liburan tahun baru imlek 2020 menjadi suram akibat datangnya virus corona yang menyebar dengan sangat cepat. Korban jiwa terus bertambah hingga awal pekan ini. Mengutip CNBC Internasional, selasa (28/1/2020) otoritas China menghitung sampai saat ini virus corona telah menewaskan 106 orang dan menginfeksi lebih dari 4500 orang.

Gejala yang dimiliki oleh virus corona ialah mirip dengan flu biasa, gejala lainnya yang timbul seperti pilek, sakit tenggorokan, batuk, demam dan sakit kepala. Bgai orang yang sistem kekebalan tubuhnya sedang lemah sangat rentan terkena virus ini, seperti orang tua dan anak-anak. Virus corona pun bisa menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang lebih serius.

Menurut peneiti, virus corona merupakan virus yang menginfeksi hewan. Namun seiring berjalannya waktu dan berevaluasi virus ini bisa menular ke manusia. Meskipun sempat membuat kepanikan, namun profesor penyakit menular dan kesehatan  global Peter Horbyn di University of Oxford menyebutkan jika virus corona lebih ringan dari SARS.   

Pada Desember lalu, virus corona mulai mewabah di Wuhan. Para pejabat negara mengatakan virus corona mungkin berasal dari hewan liar yang di jual di pasar makanan laut huanan (Huanan Seafood Market) yang terletak di pusat kota Wuhan. Sebab, penderita awal yang terjangkit virus dengan nama lain 2019-nCoV merupakan karyawan di Huanan Seafood Market. Pihak berwenangpun percaya bahwa virus itu kemungkinan berasal dari binatang buas di pasar makanan laut meskipun sumber pastinya masih belum ditentukan. Pasar Makanan Laut Huanan memang menjual berbagai macam makanan unik. Disebut unik karena menjajakan berbagai binatang liar. Mulai dari anak serigala, kelelawar, rubah hidup, buaya, salamander raksasa, ular, tikus, burung merak, landak, daging unta hingga musang. Dan Binatang-binatang tersebut merupakan spesies yang disebut masih erat kaitannya dengan Server Acute Respiratory Syndrome (SARS) yang juga pernah menghebohkan pada 2002 sampai 2003 lalu.

Tidak hanya mengancam manusia, virus corona juga mengancam perekonomian China. Bahkan The York Times sempat menuliskan bahwa virus corona bisa menjadi ancaman serius bagi ekonomi global yang bisa berujung pada krisis. Pemerintah China sampai mengambil tindakan melakukan isolasi Wuhan untuk mencegah korban jatuh lebih banyak. Kota Wuhan yang menjadi awal virus corona pun sangat penting untuk perdagangan di wilayah China, karena sebagai pusat transportasi nasional utama dan telah menjadi pusat pembuatan mobil. pabrik yang membuat mobil untuk General Motors, Honda, serta puluhan pembuat suku cadang mobil dan banyak lainnya. sehingga efeknya akan sampai pada orang-orang di seluruh negeri dan bahkan bisa menjadi faktor yang lebih penting.

Selain di China Virus corona yang telah membuat resah warga dunia terdeteksi di 13 negara yakni Amerika Serikat (AS), Perancis, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Thailand, Australia, Nepal, Vietnam, Hongkong, Macau, Malaysia, dan Kanada. Indonesia sendiri tengah dalam kondisi siaga satu untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.Dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Paru Indonesia itu menegaskan bahwa semua virus corona, termasuk virus corona 2019-nCoV belum ada obatnya.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga daya tahan tubuh guna meminimalisir potensi terinfeksi virus corona. Berikut adalah beberapa langkah preventif pencegahan virus corona, diantaranya ialah: Sering bilas tangan Anda dengan sabun dan air, Hindari menyentuh mata, mulut, atau hidung Anda dengan tangan yang tidak bersih, Pakailah masker saat beraktivitas di luar ruangan dan di tempat-tempat umum, Jika Anda merasakan gejala seperti flu, segera periksa diri Anda, Cukup beristirahat dan Perbanyak minum air putih. 

Adapun cara mencegah virus corona menurut islam ialah dengan cara  :
1. Menghindari makanan yang haram atau tidak jelas kehalalannya
2. Selalu menjaga wudhu, selain kondisi kita selalu dalam keadaan suci untuk bisa beribadah, dengan berwudhu juga membuat kita sering membasuh tangan dan wajah sehingga tetap bersih 
3. Ketika bersin, pastikan kita dalam keadaan menunduk, menutup mulut dan hidung serta ucapkan Alhamdulillah, hal ini dapat mencegah penyebaran penyakit sekaligus saling mendoakan
4. selalu berdoa agar dijauhkan dari penyakit wabah dan marabahaya.

Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi saya pribadi dan khususnya bagi semua orang yang sudah membacanya dan mempraktikan hidup berpola sehat.