Apakah sudah siap untuk menyambut Bulan Ramadhan?
Article

Apakah sudah siap untuk menyambut Bulan Ramadhan?

  • 24 Feb 2021
  • Difa Nur Fauziah

Bulan Ramadan sebentar lagi akan tiba. Namun apakah kita sudah siap untuk menyambut bulan suci Ramadan ditahun ini?

Pertanyaan tersebut sering muncul di bena kita, siap atau belum siap hari itu akan datang. Maka dari itu sebaik mungkin kita harus mempersiapkan dengan baik apa saja hal yang harus kita sambut di bulan penuh kemuliaan tersebut, contoh halnya seperti perbanyak berdo'a kepada Allah, Mempersiapkan keilmuan tentang keislaman, Menjaga kesehatan dan membayar hutang puasa pada tahun lalu.


Terkadang kita lupa dengan kewajiban kita untuk sesegera mungkin membayar hutang puasa, bahkan jika sudah H- bulan Ramadhan baru mulai membayarnya. Hal ini tidak hanya terjadi kepada kaum wanita saja, terkadang kaum pria pun pernah mempunyai hutang puasa, entah alasannya karena sakit atau bahkan karena sudah kecanduan merokok.

Biasanya jika kita merasa tidak sanggup untuk membayar puasa, seperti seorang Nenek dan kakek yang sudah sangat tua dan renta atau ibu hamil dan menyusui, maka hal ini bisa digantikan dengan mengqadhanya sejumlah hari yang ditinggalkan atau yang sering kita kenal dengan membayar fidyah.

Sebagaimana Allah berfirman yang artinya:
"Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin". (QS. Al-baqarah: 184)


Apa arti Fidyah?
Fidyah merupakan suatu ibadah dan kewajiban yang harus ditunaikan untuk menggantikan puasa tahun lalu berupa pemberian harta benda dalam kadar tertentu untuk diberikan kepada fakir miskin. Dalam Pembayaran fidyah ini senilai kita makan selama satu hari, setelah mengetahui jumlahnya maka tinggal dikalikan dengan jumlah hari di mana kita tidak berpuasa.

Masih bingung ingin menitipkan fidyah mu kepada siapa?
kita bisa penyaluran fidyah nya langsung di berikan kepada fakir miskin dan bisa dititipkan ke lembaga sosial bersama Wujud Aksi Nyata dengan cara klik link disini.