Bersedekah Bukan Sombong, Melainkan Berlomba-lomba Dalam Melakukan Kebaikan
Article

Bersedekah Bukan Sombong, Melainkan Berlomba-lomba Dalam Melakukan Kebaikan

  • 17 Sep 2021
  • Zahra Nur Azizah

Hakikat seorang manusia diciptakan oleh Allah untuk beribadah kepadanya dengan mengikuti segala perintahnya dan meninggalkan semua larangannya. Sebagai seorang muslim mengikuti perintah Allah itu sangat dianjurkan untuk berlomba-lomba atau fastabiqul khairat dalam hal kebaikan.

Dalam hal ini Allah berfirman dalam Q.S.Al-Baqorah : 148,
وَلِكُلٍّ وِّجۡهَةٌ هُوَ مُوَلِّيۡهَا ۚ فَاسۡتَبِقُوا الۡخَيۡرٰتِؕ اَيۡنَ مَا تَكُوۡنُوۡا يَاۡتِ بِكُمُ اللّٰهُ جَمِيۡعًا ؕ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ قَدِيۡرٌ
“Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya (pada hari kiamat). Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu”.

Dari banyaknya perintah Allah atau kebaikan ada salah satu perintah Allah yang sangat disukai Allah yaitu sedekah. Seperti firman Allah dalam Q.S.Al-Baqorah: 271,
اِنْ تُبْدُوا الصَّدَقٰتِ فَنِعِمَّا هِيَۚ وَاِنْ تُخْفُوْهَا وَتُؤْتُوْهَا الْفُقَرَاۤءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۗ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِّنْ سَيِّاٰتِكُمْ ۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ
“Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”. 

Bersedekah bukanlah hal yang sombong, tapi merupakan hal yang dermawan. Sifat yang timbul karena rasa peduli terhadap orang lain yang menjadikan orang yang suka bersedekah ialah orang yang dermawan. Mereka akan selalu menyisihkan uang mereka untuk diberikan kepada yang membutuhkan baik rezeki mereka lapang maupun sempit.

Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi,
‏إن الله تعالى جواد يحب الجود ويحب معالي الأخلاق ويكره سفسافها
"Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk," (HR. Al Baihaqi).

Bersedekah juga tidak mengurangi harta yang kita miliki berkurang, malahan dengan kita bersedekah harta yang kita miliki semakin banyak, hal ini terdapat dalam firman Allah dalam Q.S.Saba : 39 yang artinya, “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya”. 

Selain itu bersedekah juga dapat menghapus dosa yang kita miliki, seperti sabda Rasulullah, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api. (HR. At-Tirmidzi).

Dan satu lagi bersedekah dapat melipatgandakan pahala, Allah berfirman dalam Q.S. Al-Hadid :18 yang artinya, “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”

Manfaat bersedekah saja sudah sangat istimewa sekali. Apalagi jika kita melakukankan dengan fastabiqul khairat semakin banyak lagi pahala yang kita bisa dapatkan, dari waktu yang kita miliki misalnya waktu itu tidak akan sia-sia sebab orang yang suka melakukan kebaikan akan mengabiskan waktunya untuk menjari ridho Allah. Terhindar dari segala godaan setan dan iblis yang dapat menjerumuskan kita dari hal yang kurang baik.

Semoga penjelasan diatas dapat membuka hati dan pikiran #kawanaksi untuk selalu fastabiqul khairat dalam kebaikan. Dan untuk bersedekah #kawanaksi bisa menyalurkan sedekahnya di Yayasan Wujud Aksi Nyata. Insyaallah semua Amanah dan niat baiknya tersampaikan dengan baik kepada para warga atau orang yang membutuhkan.