Bolehkah Patungan Qurban?
Article

Bolehkah Patungan Qurban?

  • 27 Jun 2020
  • Difa Nur Fauziah

Seluruh umat Islam menyambut riang gembira penyembelihan hewan qurban di hari raya Idul Adha. Itu pertanda bahwa solidaritas sesama muslim sangat terjalin. Tujuan dari qurban ialah mendekatkan diri kepada Allah. Idul Adha harus dimaksimalkan dengan baik oleh umat muslim, jangan sampai terjadi dalam satu daerah tidak ada yang melaksanakan penyembelihan hewan qurban sama sekali, karena berqurban juga merupakan ibadah yang harus memiliki niat tulus, sungguh-sungguh dan ikhlas. Hewan yang disembelih pada hari Idul Adha ialah hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau, atau unta.

Sering muncul dibena kita pertanyaan mengenai qurban dengan cara patungan. Apakah syariat ini diperbolehkan atau tidak untuk patungan membeli hewan qurban Sebagaimana Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni menjelaskan bahwa mayoritas ulama sepakat berqurban dengan cara patungan. Sebagaimana hadits berikut, yang artinya:
"Dari Jabin, dia berkata: kami bersama Rasulullah SAW pada tahun Hudaibiyyah seekor sapi untuk 7 orang dan seekor unta yang gemuk untuk 7 orang" (HR Muslim, At-Tirmidzi, Abu Daud dan Ahmad)

Dari hadits di atas, sudah jelas bahwa berqurban dengan cara patungan (iuran) diperbolehkan oleh syariat, asal harus memenuhi syarat yang sudah ditetapkan sebagai berikut:
a. Domba untuk 1 orang
b. Kambing untuk 1 orang
c. Sapi untuk 7 orang
d. Kerbau untuk 7 orang
e. Unta untuk 7 orang

Seperti halnya sapi dapat dikurbankan untuk tujuh orang, artinya jika seseorang tidak mampu untuk membeli seekor sapi, maka biaya pembelian hewan kurban bisa dilakukan dengan cara patungan yang maksimal tujuh orang. Jika jumlah peserta patungan melebihi syarat (misalnya 1 ekor sapi untuk 10 orang), maka kegiatan tersebut tidak bisa disebut qurban melainkan sedekah.

Pada saat ini, melaksanakan ibadah qurban bukanlah hal yang sulit karena berkat kemajuan teknologi melaksanakan ibadah qurban bisa lebih praktis. Di Wujud Aksi Nyata, kamu bisa melaksanakan ibadah qurban kapan saja dan dimana saja. Maka dari itu, mari tunaikan ibadah qurbanmu bersama Wujud Aksi Nyata serta ikut berpartisipasi dan dukung program Aksi Berqurban. Hasil qurbanmu akan membawa keberkahan dan kebahagiaan bagi saudara kita di luar sana. Nantinya, qurban tersebut akan disalurkan kepada wilayah yang membutuhkan serta penerima manfaat yang tepat sasaran.

Yuk, Berqurban sekarang juga dengan mengklik link ini https://aksiamal.com/program/qurbankambing