Cara Bersedekah Selain Dengan Uang
Article

Cara Bersedekah Selain Dengan Uang

  • 30 Jul 2021
  • Zahra Nur Azizah

Bersedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam agama islam. Dengan bersedekah #kawanaksi bisa membantu orang disekitar yang kesulitan. Oh iya bersedekah juga dapat mengingatkan kita bahwa harta yang kita miliki bukan sepenuhnya milik kita sebagian juga hak orang lain. Melakukan sedekah menghilangkan rasa sombong dan tidak peduli didalam hati.

Namun, ada diantara #kawanaksi pasti ada yang enggan bersedakah karena tidak adanya uang yang dimilikinya. Bersedekah itu bukan hanya kita membantu dengan uang saja tapi bisa dengan cara lain tanpa menggunakan uang:

1. Sedekah ilmu
Dengan ilmu yang #kawanaksi punya, #kawanaksi dapat membagi ilmu yang dimiliki kepada orang lain. Kenapa ilmu itu termaksud sedekah? Sebab sebaik-baik manusia ialah yang bermaanfaat untuk orang lain. Meskipun tidak ada uang dengan #kawanaksi memiliki pengetahuan yang luas dengan mengajarkan dan memberi keilmuan yang  dipunya untuk orang lain. Hal tersebut intinya sama-sama memberi dan membantu orang yang membutuhkan.

2. Sedekah sosial
Bersedekah semampuan #kawanaksi. Cotoh menolang orang tua yang menyebrang, membantu bawakan barang yang berat, bisa juga memberi papan peringatan pada jalan yang berlubang dan lain sebagainya. Secara tidak langsung hal tersebut dapat membantu orang lain

3. Sedekah dengan perkata yang baik
Berbica dengan Bahasa yang baik dan sopan pada lawan bicara juga termaksud sedekah. Apalagi jika lawan bicara lagi bingung #kawanaksi bisa memberikan masukan kepadanya. Dan selalu ingat jauhkan perkataan yang buruk yang dapat menyakiti orang lain.

4. Sedekah hati
Dengan mendamaikan orang yang sedang berantem, mendamaikan orang yang bermusuhan karena kesalah pahaman yang membuat jarak antar keduanya dan ingatkan jika kita bermusuhan dalam waktu lama itu tidak baik. Hal itu sama saja dengan #kawanaksi bersedekah.

5. Dengan senyum dan salam
Sedekah yang paling mudah #kawanaksi lakukan tanpa perlu adanya tenaga dan biaya ialah salam dan senyum. Walaupun terlihat sederhana bentuknya, tapi arti dan pahalanya sama dengan sedekah yang menggunakan uang atau harta.

Meskipun kehidupan #kawanaksi tidak memungkinkan untuk bersedekah. Dengan melakukan beberapa bentuk sedekah di atas itu sama saja kawan melakukan sedekah dengan uang. Dengan #kawanaksi ikhlas melakukannya, pahala dan kebaikan itu akan datang kedalam diri #kawanaksi sendiri. Mari #kawanaksi kita bersedekah dengan kemampuan masing-masing karena jalan untuk sedekah itu banyak tinggal kita mau melakukannya atau tidak.