Dahulukan Puasa Syawal atau Membayar Hutang Puasa?
Article

Dahulukan Puasa Syawal atau Membayar Hutang Puasa?

  • 31 May 2021
  • Difa Nur Fauziah

Bulan Ramadan telah berlalu, namun masih ada kesempatan kita untuk memperbaiki diri dan mempersiapkan semua amal ibadah untuk bekal di akhirat kelak. Setelah 1 bulan full kita melaksanakan ibadah puasa, Alhamdulillah kita masih di berikan kesempatan dalam melaksanakan ibadah puasa 6 hari pada bulan Syawal.

Pertanyaan ini berlaku untuk semua kalangan, dimana mereka bingung harus mendahulukan puasa Syawal atau mengqadha puasa Ramadan terlebih dahulu. Bahkan sampai ada pernyataan yang muncul dalam benak kita apakah bisa di satukan dua niat puasa sekaligus ?

Banyak umat muslim yang tidak mau tertinggal momentum di bulan Syawal, dimana pada bulan ini juga memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan, hal ini berlaku bagi Hamba Allah yang dapat memanfaatkan waktu dalam melaksanakan semua ibadah yang dianjurkan pada bulan Syawal.

Banyak sekali pendapat tentang lebih baik mendahulukan puasa qadha Ramadan dari pada melaksanakan puasa Syawal. Kita harus bisa pintar dalam menelaah ilmu karena pendapat manapun hukumnya di bolehkan dan sebisa mungkin harus menjauhkan diri dari sifat merasa paling benar. Dengan begitu kita bisa saling menghargai berbagai pendapat semua umat muslim.

Menurut penjelasan Ustadz Abdul Somad (UAS) yang telah di unggah di youtobe, maka bagi siapapun yang mempunyai utang puasa di waktu bulan Ramadan atau pun utang puasa nazar, tidak di anjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa Syawal sebelum mengqadho semua puasanya. Setelah itu baru bisa melaksanakan ibadah puasa Syawal. Bahkan meskipun kita melaksanakan qadha puasa Ramadan atau mengqadha nazar di bulan Syawal maka otomatis akan mendapatkan pahala yang sama dengan puasa sunah di bulan Syawal. Dan bahkan jika kita melaksanakan qadha bertepatan dengan hari Senin Syawal, maka 3 pahala puasa yang akan kita dapatkan yaitu puasa pengganti, puasa Senin- Kamis dan puasa Syawal.

Masyaallah sungguh besar keagungan Allah yang di berikan kepada kita semua, semoga kita termasuk orang-orang yang selalu bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semua. Aamiin Ya Robbal Alaamin