Dasyatnya Sedekah Subuh
Article

Dasyatnya Sedekah Subuh

  • 26 Sep 2020
  • Difa Nur Fauziah

Amalan shalih berupa sedekah tentunya tidak asing lagi di telinga kita. Kalian pasti tahu sedekah merupakan salah satu perintah Allah dan Rasul-Nya kepada seluruh umat Islam. Sebagian dari rezeki yang kita punya terdapat hak orang lain yang harus dikeluarkan. Banyaknya keistimewaan yang akan kita terima ketika kita bersedekah di waktu subuh. Setelah kalian mengetahuinya, pasti kalian tidak akan menyia-nyiakan waktu berharganya untuk memperbanyak amalan ibadah. sedekah subuh bisa dimulai dari adzan subuh sampai terbitnya fajar. Diantara waktu yang banyak dalam satu hari selama 24 jam subuhlah waktu yang tepat dan paling utama untuk  bersedekah. Inilah beberapa kedasyatan yang akan kita dapat setelah melakukan sedekah subuh:

1. Di Do'akan malaikat
Tidak banyak orang yang tahu, bahwa keutamaan dalam sedekah subuh yang pertama ialah akan ada dua malaikat yang datang kebumi pada pagi hari untuk mendo'akan kita, ketika kita telah menafkahkan sebagian harta kita untuk orang-orang yang lebih membutuhkan. Sebagiamana dalam hadits Bukhari dan Muslim yang artinya;

“Tiada sehari pun sekalian hamba memasuki suatu pagi, kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satu dari malaikat berkata, ‘Ya Allah, berikanlah rezeki kepada orang yang menafkahkan hartanya’. Sementara yang lain berkata, ‘Ya Allah, kurangkanlah dari yang dimiliki orang yang menahan hartanya’.” (HR Bukhari dan Muslim).

Kedua malaikat ini bertugas untuk mendo'akan manusia yang melaksanakan sedekah pada pagi hari, agar diberikan keluasan rezeki. Karena sedekah merupakan jenis amalan yang bertujuan untuk membersihkan harta seseorang. 

2. Menghapus Dosa
Setiap manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa, maka dari itu jika kalian ingin diampuni dari segala dosa dan kesalahan kalian harus banyak-banyak melakukan amalan shalih ini dengan bersedekah khususnya waktu subuh.

3. Menolak Bala
Dasyatnya sedekah subuh juga kamu akan terhindar dari segala macam bahaya dan akhir yang buruk. Bersedekah secara rutin juga bisa mencegah kita dari mendadak mati dan bersedekah merupakan obat disaat sakit. Sebagaimana dalam hadits yang artinya:

“Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk.” (HR. Tirmidzi)

4. Dilipat Gandakan
Jangan takut jika kita sering berbagi hidup kita akan jatuh miskin, tenang saja sobat karena harta yang kita sedekahkan akan senantiasa Allah lipat gandakan. Ketika kita sudah terbiasa untuk beramal shalih ini maka kamu akan memanggil rezeki itu datang dari arah yang tidak disangka-sangka. Membiasakan diri ke hal yang baik memang tidaklah mudah, perlu adanya kemauan yang sungguh-sungguh dan tetap diniatkan segala sesuatunya karena mengharap ridho Allah SWT. 

Sedekah memang boleh dilakukan kapan saja dan dimana saja, baik dalam kondisi lapang ataupun sempit. Berbeda dengan salat dan puasa yang memiliki ketentuan waktu dalam pelaksanaannya. Mungkin saat sebagian dari kita masih terlelap merasakan nikmatnya tidur di atas kasur yang empuk, kita yang melaksanakan sedekah subuh sudah sibuk meraih keridhoan Allah SWT. Ternyata sedekah subuh ini tidak hanya berupa uang melainkan bisa dengan berzikir, membagi makanan, mengajar ngaji, atau masih banyak cara lain yang bersifat sosial.

Dengan kita rutin melaksanakan sedekah subuh maka akan membantu banyak saudara-saudara kita dalam masa sulitnya. Selain bersedekah untuk melaksanakan apa yang telah diperintahkan oleh Allah, ternyata kita juga telah membantu sesama manusia. Mari kita bersama-sama untuk saling mengingatkan dan berlomba-lomba dalam kebaikan dengan menerapkan sedekah subuh ini didalam kehidupan masing-masing.