Hal Apa Saja Yang Tidak Boleh Dilakukan Kepada Orang Tua
Article

Hal Apa Saja Yang Tidak Boleh Dilakukan Kepada Orang Tua

  • 14 Oct 2021
  • Zahra Nur Azizah

Sebagai seorang anak, berbakti kepada kedua orang tua merupakan kewajiban sekaligus bentuk kita beribadah kepada Allah. Karena setiap kita berbakti kepada orang tua, Allah pasti akan mengaitkannya sebagai bentuk beribadah kepada-nya. Maka tidak salah lagi jika berbakti kepada orang tua merupakan amalan yang paling disukainya. Justru sebaliknya, jika kita durhaka kepada kedua orang tua dosa yang akan mendatangi kita. Untuk itu perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh kita lakukan sebaagai anak terhadap orang tua. Apa saja itu, mari simak dibawah ini.

1. Tidak hormat dan tidak menghargai orang tua
Dalam surat Al-Isra’ ayat 23 Allah berfirman,
۞ وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا
"Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik."

Dalam ayat tersebut dijelaskan, bahwa mengucapkan kata "ah" saja tidak boleh, apalagi jika seorang anak membentak dan berkata kasar. Maka sikap yang tidak boleh kita lakukan kepada orang tua ialah tidak hormat dan tidak menghargainya dengan melakukan berbagai hal yang sudah dijelaskan didalam ayat diatas.

2. Membangkang perintah dan larangannya
Berikutnya, membangkang apa yang yang diperintahkan dan larangan orang tua. Mau itu perintah ataupun larangan, selagi itu masih bernilai positif dan tidak dilarang oleh Allah, maka kita sebagai anak haruslah mengikuti apa yang dikatakan oleh orang tua. Hal itu telah Allah firmankan dalam Q.S. Luqman ayat 15 yang artinya, “Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengn Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik.”

3. Tidak bersyukur dan enggan melaksanakan kewajibannya sebagai anak
Sebagai anak yang berbakti kepada orang tua, pasti akan melakukan apa yang diperintahkan orang tua. Sebaliknya jika anak durhaka akan mengabaikan apapun yang orang tua katakan kepadanya. Maka kita sebagai anak harus melaksanakn tugas kita sebagai seorang anak, kita bisa lakukan beberapa hal yang terlihat sederhana seperti merawat orang tua ketika sakit, menyetrikakan pakaiannya, dan lain sebagainya. 

Dan bagi anak yang tidak bersyukur atas apa yang telah orang tuanya berikan kepadanya, maka Allah berfirman, “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapak, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (Q.S. Luqman: 14).

4. Memutuskan hubungan silaturrahim dengan orang tua, keluarga dan teman keduanya
Selanjutnya adalah memutus hubungan silaturrahmi dengan orang tua, keluarga atau teman keduanya. Biasanya anak yang memutuskan hubungan silaturrahim berfikir sudah merasa cukup hidupnya dan tidak membutuhkan pertolongna lagi. Padahal dalam kehidupan manusia tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan dari manusia lainnya. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya bakti terbaik ialah hendaknya seorang anak tetap menyambung hubungan keluarga ayahnya setelah ayahnya menyambungnya.” (H.R. Muslim).

5. Tidak melaksanan wasiat kedua orang tua saat mereka meninggal
Salah seorang dari kaum Ashar datang kepada Rasulullah , kemudian berkata, “Wahai Rasulullah, apakah aku masih mempunyai kewajiban bakti kepada orang tua yang harus aku kerjakan setelah kematian keduanya?” Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Ya ada, yaitu empat hal: Mendoakan keduanya, memintakan ampunan untuk keduanya, melaksanakan janji keduanya, memuliakan teman-teman keduanya, dan menyambung sanak famili di mana engkau tidak mempunyai hubungan kekerabatan kecuali dari jalur keduanya. Itulah bentuk bakti engkau kepada keduanya setelah kematian keduanya.” (H.R. Abu Daud).

Nah #kawanaksi itulah 5 hal yang tiak boleh kita lakukan sebagai seorang anak terhadap orang tua, jangan lupa dicatat dan diamalkan ya.