Hukum Memakanan Makanan Lezat namun Membahayakan Kesehatan dalam Ajaran Islam
Article

Hukum Memakanan Makanan Lezat namun Membahayakan Kesehatan dalam Ajaran Islam

  • 27 Jul 2022
  • Zahra Nur Azizah

Perlu kita ketahui bahwa hukum halal dan haram suatu makanan sebelum dikonsumsi adalah hal utama yang perlu dilakukan umat Muslim. Kenapa? Karena dalam ajaran Islam, mengkonsumsi makanan haram dapat mengandung banyak mudharat atau hal yang mendatangkan kerugian.

Seperti yang tertulis dalam sebuah buku yang berjudul Fikih Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI yang disusun oleh Yusak Burhanudin, Muhammad Najib (2021: 35) yang menyebutkan bahwa terdapat beberapa mudharat dari mengonsumsi makanan dan minuman yang diharamkan antara lain:

• Merusak organ tubuh dan kesehatan badan
• Merusak jiwa, mental dan budi pekerti
• Menimbulkan kerakusan
• Menyesatkan diri sendiri

Pembahasan lain tentang anjuran mengkonsumsi makanan halal yang bermanfaat dan menjauhi makanan haram ini disebutkan dalam berbagai dalil baik Alquran maupun hadits. 

Seperti yg dijelaskan dalam firman Allah dalam Q.S.Al-Baqorah (172) yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah."

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Imam Muslim juga menjelaskan: 

إِنَّ اللهَ طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّبًا وَإِنَّ اللهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِينَ فَقَالَ يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنْ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ وَقَالَ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ

"Sesungguhnya Allah itu Maha Baik dan tidak menerima kecuali sesuatu yang baik. Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kaum mukminin dengan perintah yang Allah gunakan untuk memerintahkan para rasul. Maka Allah berfirman; Wahai para rasul, makanlah segala sesuatu yang baik dan beramal baiklah sesungguhnya Aku mengetahui apa yang kalian kerjakan. Dan Allah juga berfirman; Wahai orang-orang yang beriman, makanlah segala sesuatu yang baik yang telah kami berikan kepada kalian." (HR. Muslim).

Dengan begitu kita bisa menyimpulkan bahwa apapun makanan yang terlihat lezat tapi dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah makruh. Dimana hal ini telah sesuai dengan syarat makanan yang boleh dan halal dikonsumsi yaitu mengandung manfaat bagi kesehatan.

Maka dari itu, yuk sebaiknya kita hindari makanan yang dapat membahayakan kesehatan kita agar tubuh kita tetap terjaga kesehatannya sehingga kita dapat menunaikan ibadah dengan baik.