Ini 10 Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari Bagi Tubuh
Article

Ini 10 Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari Bagi Tubuh

  • 17 Sep 2021
  • Zahra Nur Azizah

Air hangat memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Dapat membantu menutunkan berat badan, mempercepat pembuangan racun didalam tubuh dan lain sebagainya. Maka tidak heran lagi jika mengkonsumsi air hangat sebelum tidur dan di pagi hari dapat menyehatkan tubuh. Berikut manfaat dari mengkonsumsi air hangat di pagi hari secara rutin menurut medis.

1. Membersihkan saluran pencernaan dari racun
Menurut Kementerian Kesehatan RI bahwa mengkonsumsi air putih tidak dapat menmbersihkan saluran pencernaan dari berbagai racun yang berbahaya. Asal kalian ketahui, bahwa sebenarnya waktu untuk mengeluarkan racun ialah di malam hari. Maka sebelum tidur dianjurkan untuk minum air putih terlebih dulu sebelum tidur. Manfaat minum air putih di pagi hari dapat mengeluarkan sisa-sisa racun yang ada di tubuh.

2. Mengatasi sembelit
Senbelit terjadi karena tubuh kekurangan cairan. Maka untuk mengatasi atau mencengah terjadinya sembelit dengan mengkonsumsi air hangat baik sebelum tidur maupun di pagi hari. Hal ini dilakukan untuk membantu konsistensi tinja menjadi lunak dan membantu pergerakan usus kebih mudah keluar yang membuat buang air besar menjadi lancer.

3. Mengurangi nyeri
Biasanya Wanita akan mengkonsumsi air hangat ketika mereka merasa nyeri saat mentruasi. Air hangat juga dapat meredakan kram terhadap otot-otot. Sebab, dengan mengkonsumsi air hangat disaat terjadinya kram otot membuat otot menjadi lebih rileks yang membuat rasa sakit menjadi berkurang.

4. Membantu meningkatkan sirkulasi darah
Manfaat lain dari mengkonsumsi air hangat ialah meningkatnya silkulasi pada darah. Dengan mengkonsumsinya setiap bangun tidur dapat membantu melancarkan aliran darah sebab pembuluh darah menjadi lebar. Dan membantu tekanan darah berada diangka yang normal dan satu lagi membuat jantung menjadi lebih sehat.

5. Dapat menurunkn berat badan
Mengkonsumsi air putih setiap pagi membantu menurunkan berat badan. Sebab, disaat kita mengkonsumsi air di pagi hari kita tidak akan mudah lapar dan tubuh butuh cairan yang cukup untuk pencernaan. Maka car aini sangat disarankan untuk kalian yang sedang diet. 

6. Menyehatkan kulit dan rambut
Jika kita kekurang air akan menyebabkan terjadinya dehidrasi. Karean terjadinya dehidrasi membuat kulit semakin kering dan rambut cepat rontok karena rapuh. Untuk mengatasi masalah ini, bisa dengan kita rutin mengkonsumsi air putih supaya kulit menjadi lembeb dan sel rambut menjadi kuat.

7. Mencengah penuaan
Hal ini bisa terjadi sebab di dalam air hangat memiliki manfaat yang dapat memperbaiki sel kulit yang rusak menjadi lebih sehat dan terlihat lebih muda Kembali.

8. Mengurangi kadar stress pada tubuh
Dengan rutin mengkonsumsi air hangat setiap pagi dapat membatu mengurangi stres pada tubuh. Air hangat dapat membantu mengurangi rasa kecemasan pada diri kita dan dapat meningkatkan rasa rileks pada tubuh.

9. Mencengah tejadinya batu ginjal
Untuk mencengah terjadinya batu ginjal terbentuk di dalam tubuh, terjadinya berbagai penyakit lainya seperti penyakit kronis (infeksi kantung kemih). Maka cara yang tepat untuk mencengah hal tersebut terjadi dengan mengkonsumsi air hangat setiap pagi.

10. Meredahkan penyakit pilek
Salah stu anjuran saat terkena pilek ialah dengan megkonsumsi air hangat. Sebab, air hanagat dapat membantu melancarkan hidung tersumbat serta sakit tenggorokan. Ha ini dianjurkan karena dalam air hangat terdapat uap, dan uanpnya berfungsi untuk membantu membuat lendir menjadi mudah dikeluarkan.

Dari banyaknya manfaat yang terdapat pada air hangat. Namun, harus diperhatikan juga jika terlalu berlebiahan mengkonsusi air hangat dapat menyebabkan timbulnya efek samping yang niat tadi untuk menjadi lebih sehat malah menambah penyakit baru pada tubuh