Keutamaan Bulan Rabiul Awal
News

Keutamaan Bulan Rabiul Awal

  • 11 Nov 2020
  • Difa Nur Fauziah

Bulan Rabiul Awal adalah bulan yang sangat dimuliakan oleh umat muslim yang ada di seluruh dunia. Tentunya bukan tanpa alasan, karena bulan Rabiul Awal inilah Nabi Muhammad SAW dilahirkan ke dunia ini. Tepatnya pada senin, 12 Rabiul awal di tahun Gajah. Bukan hanya mengenai kelahiran Nabi Muhammad SAW saja, tapi 10 keutamaan Bulan Rabiul Awal yang boleh Anda ketahui.

Seperti hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke kota Madinah, untuk dibangunnya masjid pertama kali di dunia ini pada bulan Rabiul Awal, serta pertama kali digelar adanya sholat Jumat serta untuk wafatnya Nabi Muhammad SAW. Selain peristiwa penting tersebut, maka ada sejarah penamaan bulan Rabiul awal dan sejarah sejumlah keutamaan bulan Rabiul Awal lainnya, yang harus kamu ketahui. Berikut penjelasannya.

Sejarah Penamaan Bulan Rabiul Awal

Muhammad Shabri ‘Abd ar-Rahim menulis dalam harian elbalad, jauh sebelum masa Rasulullah SAW. Konon yang pertama kali memberikan nama Rabiul Awaal adalah Kilab bin Murrah, buyut kelima dari Rasulullah SAW. Ada beberapa cerita yang menjelaskan bahwa mengapa disebut sebagai Rabi’. Satu masa dinamakan Rabi karena pada bulan itu orang-orang Arab sudah mulai berperang kembali dan sedang memuncak. Sehingga kata Rabi’ mengilustrasikan perang sedang mulai subur dan sudah mulai banyak korban yang berjatuhan.

Ada juga riwayat lain yang mengatakan bahwa bulan Rabiul Awal menggambarkan dari kondisi alam. Kata ar-rabi’ adalah kondisi dimana tanaman sedang sangat subur dan banyak berbuah. Padang rumput menghijau. Masyarakat Arab membagi Rabi’ juga menjadi dua macam, pertama adalah Rabi as-syuhur (bulan musim semi) yaitu bulan Rabiul Awal dan Tsani. Ada juga rabi al-azminah (masa-masa musim semi), dimana musim semi oleh masyarakat Arab dibagi menjadi enam, yaitu kharif (gugur), syitaa (dingin), shafy (panas) dan qayzh (puncak panas) penamaan inilah yang sudah ada sebelum masa Nabi Muhammad SAW

Keutamaan Bulan Rabiul Awal
Berikut ini ada 10 keutamaan Bulan Rabiul Awal yang perlu diKetahui, diantaranya:
1. Bulan lahirnya pemimpin rahmatan lil alamin
2. Bulan Wafatnya Rasulullah Saw
3. Disunnahkannya memperbanyak sholawat dibulan ini
4. Bulan yang memiliki banyak berkah
5. Ungkapan kecintaan pada Rasulullah Saw
6. Meneguhkan kecintaan pada Rasulullah Saw
7. Mendapatkan rahmat Allah SWT
8. Memuliakan dan membesarkan nama Rasulullah Saw
9. Memperbanyak Amal kebaikan
10. Dibangkitkan pada hari kiamat

Dari 10 Keutamaan Bulan Rabiul Awal ini lah yang menjadi hal terpenting bagi umat muslim ketahui dan juga yang lainnya. Semoga kelak di hari akhirat kita bisa bertemu dengan baginda Nabi Muhammad Saw... Aamiin Allahumma aamiin. Oh iya sobat, selain  10 keutamaan diatas, ada juga banyak amalan puasa yang bisa kamu laksanakan loohh dibulan ini. Salah satunya dengan berpuasa Senin-Kamis, selain itu ada juga puasa Ayyamul Bidh pada 10,11 dan 12 November, jangan lupa juga untuk meningkatkan ibadah dengan sedekah biar lebih berkah.

Dengan bersedekah kita tidak akan jatuh miskin loh justru kita akan mempunyai tabungan untuk di akhirat nanti. Maka dari itu, mari salurkan sedekah terbaikmu dengan klik disini ya, Barakallah.