Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang
Article

Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang

  • 14 Aug 2021
  • Zahra Nur Azizah

Melakukan dzikir pagi dan petang salah satu cara untuk selalu dekat dengan Allah dan mendapatkan perlindungan darinya. Berdzikir dianjurkan dilakukan secara rutin pagi dan petang. Seperti firman Allah dalam Q.S. Al-Ahzab: 41-42

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا, وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلً
“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.”

Serta dalam Q.S. Ar-Rum:17 yang artinya, "Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di sore hari dan waktu kamu berada di pagi hari."

Dalam berdzikr pagi dan petang ada waktu yang dianjurkan untuk melakukannya. Berdzikir dipagi hari dilakukan diwaktu setelah umat muslim melakukan shalat subuh sampai munculnya matahari, sedangkan berdzikir saat petang dianjurkan setelah shalat ashar hingga tebenamnya matahari.

Hal tersebut terdapat dalam Q.S. Qaf :39 yang artinya, "Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya."

Berdzikir biasanya dilakukan setelah sholat, namun bisa juga dilakukan untuk mengawali aktivitas agar selalu diberikan perlindungan. Selain untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meminta perlindungan. Berdzikir juga memiliki keutamaan dan manfaat lainnya seperti:

1. Memberikan ketenangan jiwa
Dengan rutin mengucapkan dzikir pagi maupun sore seperti membuat penawar obat yang dapat menenangkan hati serta pikiran menjadi lebih rileks. Sehingga saat masalah datang dapat diselesaikan dengan hati tenang dan kepala dingin.

2. Dijanjikan surga 
Rasulullah bersabda yang artinya, "Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum subuh, maka ia termasuk penghuni surga." (HR. Bukhari ).

3. Merupakan amalan yang disukai Rasulullah
Rasulullah SAW juga bersabda yang artinya, “Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah Ta’ala mulai dari (waktu) sholat subuh hingga terbit matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak dari putra Nabi Ismail. Dan duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah mulai dari (waktu) sholat Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak.” (HR. Abu Dawud).

4. Jauh dari perbuatab dosa
Dengan berdzikir sama halnya dengan mengingat Allah. Secara rutin pagi dan petang berdzikir menyadarkan diri kita untuk tidak melakukan perbuatan yang dilarang Allah. Dengan selalu berdzikir membuat kita selalu ingat dan selalu diingatkan oleh Allah untuk tidak mendekati perbuatan maksiat.

5. Menambah rasa bersyukur
Dengan mengawali dan menutup aktivitas dengan berdzikir membuat kita selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan pada hari itu. Dan selalu bersyukur masih diberikan umur yang Panjang agar selalu bisa beribadah kepada Allah.

Sudah dijelaskan apa saja keutamaan serta manfaat berdzikir pada pagi dan petang. Serta apa saja yang didapatkan jika kita selalu rutin melakukannya. Semoga bermanfaat dan #kawanaksi semua selalu dalam perlindungan Allah.