Keutamaan Sedekah di Hari Jumat
Article

Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

  • 23 Jul 2021
  • Zahra Nur Azizah

Salah satu amalan seorang muslim ialah bersedekah. Dengan mengeluarkan harta yang kita punya untuk diberikan kepada yang membutuhkan.  Menurut peraturan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) No.2 tahun 2016, sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Bersedekah juga bisa dilakukan kapan pun dan tidak dibatasi waktunya. Namun, hari jumat hari yang dianjurkan untuk seorang muslim untuk bersedekah. Salamah dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda, “Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jumat. Sebab pada hari itu Allah SAW menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdoa kecuali Dia akan mengabulkan doa itu.” [HR.Muslim]. Sebab itu, pada hari tersebut Rasulullah SAW meminta seluruh umat untuk memperbanyak amalan, salah satunya sedekah.

Jika kita bersedekah sama saja kita melakukan perintah Allah, karena bersedekah salah satu perbuatan yang di cintai nya. Bersedekah juga dapat menghapus dosa kita, hal tersebut terdapat dalam QS.Al-Baqarah: 271 yang artinya: "Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan."

Semua perintah Allah SAW jika kita mengerjaknnya dengan ikhlas maka Allah SAW akan merikan pahala yang berlimpah. Yang tertuang dalam QS. Al-Hadid: 18 yang artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipat gandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia." Sudah jelas jika kita bersedekah bukannya harta kita yang habis melainkan harta kita akan dilipat gandakan.
Ada beberapa utama melakukan sedekah di hari jumat antara lain:

1. Lebih Besar Pahalanya
Menurut Imam Abdurrazaq dalam kitab Al-Mushannaf meriwatkan; “Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya.

2. Pahalanya Setara Dengan Sedekah Pada Bulan Ramadhan
Dengan bersedekah di hari jumat kita akan mendapat pahala yang berlipat dan setara dengan kita bersedekah di bulan Ramadhan. Salah satu hadits yang menjelaskan hal tersebut: Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Sesungguhnya shadaqah pada hari Jum’at itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya. Shadaqah pada hari itu dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti shadaqah pada bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya.” Zaadul Ma’aad (I/407)

3. Hari Yang Baik Dalam Sepekan
Hari jumat dimana Allah sudah menyiapkan ampunan bagi hambanya yang melakukan segala perintahnya dan bukan sekedar di ampuni dosa saja melainkan Allah akan mengabulkan segala doa dan melipat gandakan pahala kita.

4. Merupakan Sunnah Rasulullah SAW
Segala sunnah Rasulullah merupakan hal yang baik kita lakukan. Apalagi jika kita melakukannya di hari jumat dimana hari itu hari yang baik dan hari yang istimewa bagi umat islam.

5. Membawa Syafaat Pada Hari Kiamat
Siapa yang tahu hari kiamat akan datang? Yah, itu hanya Allah tang tahu kapan hari tersebut akan datang. Maka dari itu kita harus menjalankan segala perintahnya dan melakukan amalan yang baik seperti sedekah, supaya kita mendapatkan syafaat dari Allah.

Sedekah di hari jumat merupakan amalan yang baik bagi kaum muslim. Namun, jika kita melakukan tanpa ikhlas dan semata-mata hanya ingin dipuji dimata orang lain maka jangan lakukan hal tersebut, karena akan sia-sia saja amalan yang kita lakukan. Dengan niat yang baik semoga kita diberikan rezeki yang berlimpah agar kita bisa membantu orang lain yang membutuhkan bantuan kita. Dengan begitu mari kita bantu orang yang membutuhkan dengan cara berdonasi di Yayasan Wujud Aksi Nyata. Insyaallah semua niat baik kita semua dapat tersampaikan dengan baik.