Makna 17 Agustus Bagi Bangsa Indonesia
Article

Makna 17 Agustus Bagi Bangsa Indonesia

  • 17 Aug 2022
  • Zahra Nur Azizah

Sebagai rakyat Negara Indonesia, kita harus tau apa makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Proklamasi yang dibacakan oleh Soekarno pada 17 Agustus 1945 merupakan sebuah momen yang takan terlupakan oleh bangsa Indonesia.

 

Makna proklamasi kemerdekaan itu sendiri bagi bangsa Indonesia sangat penting untuk kita pahami kenapa? Karena Ketika Soekarno membaca kan teks proklamasi, itu menjadi sebuah penanda bahwa negeri ini telah terbebas dari belenggu penjajahan.

 

Selain itu, Proklamasi juga menjadi kabar gembira bagi masyarakat Indonesia. Kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia bukanlah hasil pemberian, melainkan dari perjuangan demi perjuangan yang dilakukan para pahlawan.

 

Di dalam teks Proklamasi juga memaknakan arti Kemerdekaan menjadi sebuah harapan yang telah lama dinanti sejak ratusan tahun lamanya.

 

Apa saja makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia? Berikut penjelasannya yang dikutip dari Merdeka.com

 

Apa Makna Proklamasi Kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia dalam Berbagai Aspek

1.       Politik

Dalam aspek politik, tentunya negara Indonesia memiliki kedaulatan rakyat, yakni pengakuan dari segenap rakyat Indonesia bahwa pemerintahan Indonesia sebagai kekuasaan pemerintahan tertinggi dan terlepas dari segala bentuk penjajahan. Inilah yang diperjuangkan oleh rakyat Indonesia sejak dulu.

 

2.       Sosial

Makna proklamasi berarti penghapusan segala bentuk diskriminasi rasial yang ada di bangsa Indonesia. Selain itu, semua warga negara Indonesia juga memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam segala bidang. Tidak ada perbedaan dari mulai suku, agama, dan sebagainya. Hanya ada satu kata, yakni Indonesia.

 

3.        Ekonomi

Dalam aspek ekonomi, terdapat kewenangan bagi bangsa Indonesia untuk menuju masyarakat sejahtera dengan kekuasaan menguasai dan mengelola sumber-sumber daya ekonomi secara mandiri. Tidak ada lagi monopoli dan perampasan hak kekayaan negara oleh bangsa asing.

 

4.       Budaya

Proklamasi dalam aspek budaya menunjukkan bahwa negara Indonesia memiliki kepribadian nasional yang berasal dari kebudayaan bangsa Indonesia itu sendiri. Dimana nilai-nilai kepribadian bangsa itu tecermin dalam Pancasila mulai dari ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, hingga keadilan sosial.

 

5.       Pendidikan

Pendidikan di Indonesia dapat merdeka seutuhnya ketika seluruh rakyat Indonesia baik wanita maupun pria, baik yang miskin maupun yang kaya, dapat menempuh pendidikan yang sesuai. Standar kualitas setiap lembaga pendidikan mempunyai kesamaan taraf guna membangun generasi yang berkualitas.

Lalu, apa makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia? Selain sebagai penanda bahwa kita telah lepas dari rantaian penjajahan, proklamasi kemerdekaan juga menaikkan martabat Indonesia hingga membentuk Indonesia yang berdaulat.

 

1.       Menaikkan martabat bangsa

Proklamasi kemerdekaan Indonesia menjadi sebuah momen untuk menjunjung meningkatkan martabat bangsa. Yang dulu sebelum merdeka Indonesia hanya dianggap sebagai bangsa jajahan, yang dipandang rendah yang tidak memiliki banyak hak. Namun, sekarang berbeda. Status tersebut telah berubah setelah pembacaan proklamasi, di mana Indonesia terbebas dari penjajahan dan memiliki martabat yang sama dengan bangsa-bangsa merdeka lainnya.

 

2.       Bentuk kedaulatan Indonesia

Dengan adanya proklamasi kemerdekaan, Indonesia menjadi sebuah bentuk bangsa yang lebih berdaulat. Kemerdekaan yang kita capai dengan usaha sendiri dan proklamasi sebagai penandanya, Indonesia menjadi sebuah negara yang memiliki pemerintahan sendiri, hukum sendiri, dan tidak terikat dengan negara mana pun. Proklamasi telah menjadi dasar bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang berhak menentukan nasibnya sendiri dalam berbagai aspek kehidupannya.

 

3.       Awal perjuangan baru

Dengan kemerdekaan yang telah dicapai, Indonesia punya tantangan baru untuk membangun dan mensejahterakan bangsanya. Tentunya, perjuangan bangsa Indonesia tidak hanya sampai mendapatkan kemerdekaan saja. Perjuangan akan terus berlanjut. Dan masih banyak visi misi yang harus dijalankan untuk membangun Indonesia yang lebih maju.

 

4.       Tonggak sejarah bangsa Indonesia

Tonggak sejarah baru lahir seiring dengan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan ibarat tiang utama dari perjuangan bangsa Indonesia yang akhirnya berhasil didirikan. Tiang ini akan menjadi bukti kemerdekaan dan martabat bangsa. Tiang ini pula yang menjadi simbol dari akhir penderitaan rakyat akibat penjajahan.

 

Sudah sangat jelas bukan bahwa makna Proklamasi menjadi sebuah puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah dan mendapatkan hak nya sebagai sebuah negara yang merdeka tanpa berada di bawah kekuasaan negara lain. Proklamasi juga menjadikan kedudukan bangsa Indonesia sederajat dengan bangsa-bangsa dan negara merdeka lainnya.