Mengapa Harus Menanam Pohon?
Article

Mengapa Harus Menanam Pohon?

  • 10 Jan 2021
  • Tinah

Tahukah #kawanaksi apa manfaat utama dari pohon? Jika jawaban kalian adalah menyediakan sumber oksigen untuk manusia, berarti kalian sudah tahu betapa pentingnya pohon untuk kehidupan. Selain itu, pohon juga diketahui dapat mengurangi kada CO2 di udara, sehingga udara akan terasa lebih dingin. Di lain sisi, pohon yang kalian tanam juga berguna untuk menahan laju air, agar dapat terserap dengan baik ke tanah dan mencegah terjadinya banjir. Perlu kalian ketahui, jika 10 Januari diperingati sebagai hari gerakan 1 juta pohon, yang dirayakan di seluruh dunia. Meskipun tidak ada pesta atau perayaan yang meriah untuk menyambut hari penting ini, tetapi pengetahuan mengenai pentingnya menanam dan melestarikan pohon perlu diketahui semua orang.

Berdasarkan penelitian lebih lanjut, hutan dengan pepohonan berdaun jarum memiliki daya serap air hujan ke tanah mencapai 60 persen. Sementara itu, pepohonan berdaun lebar dapat memuat 80 persen air hujan yang turun dapat meresap dengan baik. Tentunya, air tanah ini sangat esensial untuk kebutuhan manusia dan makhluk hidup yang lain untuk dapat bertahan hidup, mulai dari kebutuhan sandang, pangan, dan papan, semuanya membutuhkan air.

Pemerintah Indonesia sendiri juga tidak tinggal diam dalam hari gerakan 1 juta pohon di tahun ini. Melalui Kementerian Kehutanan Indonesia berupaya melestarikan pohon melalui program 1 miliar pohon. Hal ini sangat penting, mengingat Indonesia merupakan salah satu “paru-paru” dunia dengan hutan tropis terbesar ketiga di dunia. Bahwa yang terpenting dari semua usaha ini bukan hanya jumlah tumbuhan yang ditanam, tetapi bagaimana upaya kita untuk tetap melestarikannya. Kita kadang hanya menanam, tapi lupa untuk merawatnya”. Melalui hal tersebut, maka hari gerakan 1 juta pohon sebisa mungkin tidak disikapi sebagai hari besar saja, tetapi menjadi momentum penting untuk kesadaran merawat pohon secara berkesinambungan.

Masih segar di ingatan kita, beberapa saat yang lalu Indonesia sempat dikepung asap karena lahan yang terbakar di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Tidak kurang dari 1,7 juta hektar hutan habis terbakar karena ulah manusia. Oleh karena itu, penting rasanya agar kita semua juga ikut menjaga kelestarian hutan, tidak hanya mengandalkan pemerintah dan organisasi pecinta lingkungan saja.

CARA MUDAH MELESTARIKAN HUTAN
Sebenarnya, ada beberapa cara mudah yang bisa kalian lakukan untuk ikut melestarikan hutan dan juga lingkungan. Tidak perlu banyak tenaga atau juga uang. Berikut adalah caranya!

1. Membuang Sampah Pada Tempatnya
Kebiasaan ini mungkin kelihatannya sepele, tetapi dapat berdampak besar pada pohon dan lingkungan. Seperti yang kita tahu, sampah mengandung banyak zat kimia yang dapat merusakan tumbuhan. Beberapa sampah seperti plastik kemasan atau logam sangat susah terurai di tanah, dan dapat menyebabkan air sungai menjadi tercemar. Maka dari itu, yuk mulai buang sampah dari sekarang! Kalau lingkungan sekitar kita bersih, tentunya pohon dapat hidup dengan sehat.

2. Melakukan Daur Ulang
Daur ulang berbagai sampah dapat menjadi cara lain untuk melestarikan lingkungan. Dengan menjadikannya produk bernilai ekonomis, bukannya tidak mungkin sampah seperti plastik atau logam  bisa mendatangkan keuntungan tambahan untuk kita.

3. Jangan Menebang Pohon Sembarangan
Menebang pohon sembarangan juga dapat berdampak pada hutan dan lingkung, karena tumbuhan yang ada di sekitar kamu secara tidak langsung saling menopang kehidupan satu sama lain. Untuk itu, stop kebiasaan buruk ini dari sekarang supaya hutan tetap terjaga kelestariannya.

Jadi, sudah siapkah #kawanaksi ikut melestarikan pohon? Semoga dengan adanya hari gerakan 1 juta pohon yang diadakan di semua negara, bumi kita dapat bertahan untuk anak cucu. Kalian tidak mau bukan menjadi generasi yang hanya bisa merusak? Karena itu, yuk mulai bergerak dari sekarang, menjadi manusia yang berguna dan bermanfaat bagi sesama!