Mengapa Perlu Pakai Masker Double
Article

Mengapa Perlu Pakai Masker Double

  • 29 Jul 2021
  • Zahra Nur Azizah

Penggunaan masker double sangat disarankan, sebab adanya varian baru virus covid-19 yaitu varian delta yang lebih mudah menular. Proses penularannya melalui tiga jalur, yakni inhalasi di mana droplet (tetesan napas) dan partikel aerosol yang terhirup mengandung virus, deposisi atau droplet dan partikel yang dikeluarkan melalui percikan, seperti batuk, bersin, dan berbicara dan ketiga lewat kontak, seperti sentuhan tangan yang terkontaminasi cairan respirasi. Adanya varian baru ini mengakibatkan kenaikan angka yang terpapar sangat tinggi akhir-akhir ini. 

Ada apa dengan masker double?
Disebuah penelitian, masker medis dibuat dengan tiga lapis yang dapat mengfilter droplet dan menghalangi virus masuk sebanyak 84,3%. Jika kita melapisi masker medis dengan masker kain, maka meningkatkan perlindungan hingga 96,6%. Mendouble masker cara lebih efektif menggurangi masuknya udara dan memberikan perlindungan yang baik.

Mendouble masker juga ada aturannya seperti, tidak dianjurkannya melapisi masker medis dengan masker medis karena tidak memberi perlindungan yang baik dan tidak semua masker bisa di double contoh masker KN95.

Namun, pemakain masker double bukan sekedar melindungi diri, tapi merasa nyaman juga saat menggunakannya. Jika tidak nyaman menggunakannya karena susah napas dan mengganggu penglihatan saat berpergian. Maka gunakan masker double dengan baik supaya saat dipakai pas diwajah, filter udara lancar dan pasti nyaman dipakai.

Solusi agar tidak menggunakan masker double bisa menggunakan masker KN95, karena masker KN95 dapat memfilter 95% virus yang masuk tanpa dilapisi masker lain. Dan masker KN95 ini terbukti dapat mencengah banyaknya virus yang masuk dibandingkan dengan menggunakan beberapa lapis masker lain.
Ada beberapa cara dari WHO dan Kementerian Kesehatan dalam penggunaan masker dua lapis untuk mengurangi penyebaran Covid-19 varian Delta:

• Gunakan masker medis sebagai lapisan pertama.
• Pastikan kawat tipis yang terdapat di bagian atas masker medis ditekan, sehingga bentuknya mengikuti bentuk hidung Anda.
• Lapisi masker medis dengan masker kain yang terdiri dari 3 lapis kain. Pakailah masker kain yang ukurannya pas.
• Pastikan tali atau karet masker kain dikaitkan dengan baik pada telinga atau diikat di bagian belakang kepala.
• Coba hembuskan napas dan rasakan apakah masih ada udara yang mengalir dari sisi atas dan sisi samping masker.
• Bila masih ada aliran udara, atur kembali posisi dan kekencangan masker. Pastikan tetap bisa bernapas dengan nyaman dan tidak merasa pusing atau berkunang-kunang karena memakai masker double.

Setelah menggunakan masker harus dibuang setelah dipakai sekali jangan dipakai lagi. Sementara masker kain, bisa dicuci Kembali setelah digunakan. Mari kita selalu gunakan masker dimanapun kita berada dan selalu ikuti protokol Kesehatan yang ada.