Mengatasi Dehidrasi Bisa Tanpa Air Putih?
Article

Mengatasi Dehidrasi Bisa Tanpa Air Putih?

  • 26 Aug 2021
  • Zahra Nur Azizah

Dehidrasi terjadi karena kondisi tubuh mengalami kurangnya asupan cairan pada tubuh. Menyebabkan tubuh menjadi kurang sehat, cepat merasa lelah, serta bisa juga mengalami sembelit dan diare.

Penyebab atau gejala yang terjadi pada dehidrasi terjadi dengan berbagai gejala. Gejala ini dibagi menjadi dua jenis, bisa dehidrasi ringan dan dehidrasi berat. Apa saja gejala yang dialami pada dehidrasi tersebut.

Gejala dehidrasi ringan
Mulut kering
Lelah dan lesu
Otot terasa lemah
Kulit kering
Pusing dan sakit kepala
Penurunan frekuensi buang air kecil
Rasa haus meningkat

Gejala dehidrasai berat
Rasa haus berlebihan
Tekanan darah rendah
Detak jantung cepat
Ritme napas cepat
Urine berwarna gelap
Kurangnya produksi keringat
Demam yang ditandai dengan penurunan berat badan, urin yang berwarna gelap, dan terjadinya kelelahan pada otot
Mata tampak cekung
Turgor atau elastisitas kulit menurun

Pada dasarnya semua gejala dehidrasi dapat menyebabkan tubuh menjadi kehilangan cairan apa lagi gejala tersebut terjadi dalam waktu yang lama. Maka dari itu minum sebanyak-banyaknya air putih untuk mencengah terjainya dehidrasi. Tapi tahu tidak, selain minum air putih dapat mencengah dehidrasi, ad acara lain yang dapat dilakukan untuk meencengah terjadinya dehidarasi. Apa saja itu mari simak dibawah sini.

1. Minum minuman yang memiliki rasa alami
Minuman yang memiliki rasa alami seperti jus buah atau minuman yang berasa, bisa juga denagn minum obat herbal. Dengan meminum minuman tersebut menjadi solusi lain agar tidak terjadi dehidrasi.

2. Mengonsumsi makanan yang mengandung air
Mengkonsumsi makanan yang mengandung air bisa menambahkan cairan pada tubuh. Dengan mengkonsumsi buah seperti semangka, melon, jeruk dan lain sebagainya bisa menjadi menjadi salah satu makanan yang dapat dikonsumsi untuk menambahkan cairan pada tubuh selain itu bisa juga untuk menambahkan setamina pada tubuh.

Sekarang #kawanaksi sudah tahukan kenapa dehidrasi terjadi dan apa saja gejala saat dehidrasi terjadi. Semoga bermanfaat dan dapat membantu #kawanaksi untuk selalu minum agar tidak dehidrasi dan selalu dapat melakukan kegiatan tanpa adanya gangguan Kesehatan.