Penyebab Manusia Menjadi Sombong
Article

Penyebab Manusia Menjadi Sombong

  • 13 Jan 2022
  • Zahra Nur Azizah

Allah menjelaskan dalam surah Luqman ayat 18,
وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِى الْاَرْضِ مَرَحًاۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُوْرٍۚ
"Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.

Meskipun sudah dijelaskan bahwa Allah sangat membenci orang-orang yang sombong, tapi hingga saat ini masih ada saja orang-orang yang sombong. Setiap hal pasti ada penyebabnya orang melakukan hal tersebut. Orang yang suka sombong juga memiliki penyebabnya loh. Apa saja itu? Mari simak dibawah ini.

1. Ziadatul Mal (Bertambahnya Harta)
Bertambahnya harta seseorang bisa menjadi penyebab seseorang menjadi sombong. Pasalnya, mereka akan lebih mudah untuk membeli barang-barang yang mereka inginkan. Sayangnya, terkadang mereka lebih suka membeli barang yang belum tentu mereka butuhkan. Yang dimana harta yang dikeluarin yang buat menghambur-hamburkan hartanya saja. 

Selain itu, orang yang sombong akan harta yang dimilikinya. Cenderung memamerkan harta yang dimilikinya seperti, tas branded, mobil, perhiasan dan lain sebagainya. Dimana tujuannya hanya untuk membuat orang lain merasa direndahkan. Tentunya hal tersebut pasti sangat dibenci oleh Allah. Maka, alangkah baiknya jika jika kita memliki harta yang berlimpah sebaiknya di gunakan dengan benar seperti sedekah. Itu lebih baik dari pada membebeli barang yang tidak penting dan niatnya untuk dipamerkan.

2. Ziadul Mansib (Bertambahnya Kedudukan)
Semakin bertambahnya atau tingginya kedudukan atau jabatan seseorang dapat menjadi salah satu penyebab orang menjadi sombong. Pasalnya, jika kedudukan yang dia tempatkan semakin tinggi, biasanya orang akan seenaknya menyuruh dan memarahi bawahannya tanpa alasan yang jelas. Dan mereka juga merasa dihormati dan dijunjung bagaikan tuhan. Selain itu, mereka akan merasa selalu benar dan menyepelekan kerja keras yang telah dilakukan bawahannya.

3. Ziadatu Ilmi (Bertambahnya Ilmu)
Berikutnya, ilmu yang dimiliki juga bisa menjadikan diri seseorang menjadi sombong. Karena mereka merasa bahwa ilmu yang dimiliknya membuatnya lebih pandai daripada yang lain. Selain itu, mereka juga lebih jadi sok tahu segalanya. Dengan ilmu yang dimiliki padahal bisa digunakan untuk mendapatkan pahala misal, mengajarkan orang lain atau sekedar memberitahunya secara lisan. 

4. Ziadatul Thoah (Bertambahnya Ketaatan)
Ternyata semakin bertambahnya ketaatan seseorang bisa menjadi penyebab orang menjadi sombong. Karena semakin bertambahnya ketaatan kita kepada Allah, semakin berusaha keras setan mempengaruhi manusia. Contohnya, ada seseorang yang sangat rajin sholat ke masjid setiap harinya. Tapi suatu ketika dia melihat seseorang yang belum masuk dan beribadah sepert dirinya. Lalu seseorang itu berbicara, "Dia itu belum mendapatkan hidayah seperti kita yang sudah beribadah". Tahu tidak bahwa hal itu termaksud sombong. Kenapa? Karena mereka merasa bahwa dirinya itu yang lebih baik dibandingkan orang-orang lain.

Semoga Allah senang tiasa memberikan kita perlindungan agar kita selalu terhindar dari hal-hal yang menyebabkan kita menjadi sombong.