Raih Keistimewaan Dibulan Rajab
Article

Raih Keistimewaan Dibulan Rajab

  • 27 Feb 2021
  • Tinah

Assalamualaikum, #kawanaksi Bulan Rajab yang merupakan satu dari empat bulan mulia dalam Islam, banyak keutamaan dan keistimewaan yang terjadi di Bulan Rajab. Allah berfirman yang artinya: "Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan dalam ketetapan Allah Subhanahu wata’ala. Di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat  yang haram (yang disucikan), itulah ketetapan agama yang lurus maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS At-Taubah : 36)

Hadist shohih yang Artinya: “Dari Abu Bakrah r.a, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi washohbihi wa aalihi washohbihi wasallam, bersabda: “sesungguhnya zaman telah berputar seperti keadaannya di hari dimana Allah Subhanahu wata’ala menciptakan langit dan bumi, satu tahun ada dua belas bulan, disitu terdapat empat bulan yang di haramkan (disucikan) Allah Subhanahu wata’ala, tiga bulan berturut-turut: Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab adalah bulan mudhar  yang terletak antara Jumadil akhir dan Sya’ban.

Hadits di atas adalah hadits yang shahih yang diriwayatkan oleh Al Imam Al Bukhori dan Al Imam Muslim dan para ahli hadits lainnya. Dari ayat dan hadits di atas sangatlah jelas kemuliaan keempat bulan suci tersebut yaitu Dzul Qoidah, Dzul Hijjah, Muharram dan Rajab. Kemulian keempat bulan ini tidak dapat dipungkiri oleh setiap orang yang beriman bahwa yang memuliakan bulan-bulan tersebut adalah Sang khaliq dan Sang Nabi Shallallahu ‘alaihi wa aalihi wa shohbihi wa sallam. Setiap orang-orang yang beriman pasti akan mengagungkannya.

Pengagungan terhadap bulan-bulan Al Hurum tersebut apakah dengan menjadikannya sama seperti bulan-bulan lainnya? Tidak. Namun dengan mengistimewakan bulan-bulan Al Hurum tersebut dengan berbagai pengistimewaan. Pengistimewaan tersebut dilakukan dengan beberapa hal yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa aalihi wa shohbihi wa sallam. Diantara bentuk pengistimewaannya adalah dengan suatu tekad dan kesungguhan dalam menjauhkan kemaksiatan, banyak beristighfar kepada Allah, berpuasa, berdzikir, bersedekah, santunan kepada anak yatim dan faqir miskin dan hal-hal lainnya yang dianjurkan oleh agama.

Ada beberapa point yang perlu diketahui, diantaranya adalah bahwa hadits shahih dan hadits hasan adalah hadits yang kuat dan dapat dijadikan sebagai pondasi hukum agama. Adapun hadits dhaif tidaklah dapat dijadikan sebagai pondasi hukum namun para ahli hadits menyatakan bahwa hadits dhaif boleh dijadikan pedoman dalam menjalankan suatu amal yang berpahala. Oleh ahli hadits diistilahkan dengan istilah Fadhoil A’mal, yakni hadits yang menyatakan tentang kemulian suatu amal ibadah tertentu dengan pahala tertentu.

Jikalau tidak ada satu hadits pun yang menyebutkan tentang kemulian bulan-bulan Al Hurum dan bulan Rajab, apakah dilarang seseorang untuk berpuasa di bulan-bulan mulia tersebut?.Apakah dilarang seseorang untuk banyak beristighfar akan dosa-dosanya di bulan-bulan mulia tersebut?. Apakah seseorang dilarang untuk bersedekah dan memberikan santunan kepada anak yatim dan faqir miskin dan melakukan hal-hal lainnya yang dianjurkan oleh agama di bulan-bulan mulia tersebut?. Sehingga jika dia melakukan ibadah-ibadah tersebut di bulan-bulan mulia tersebut dianggap sebagai pelanggaran kepada agama hingga patut untuk masuk ke dalam neraka?. Tetapi memang pada kenyataannya kemuliaan dari bulan-bulan Al Hurum tersebut dengan jelas dalam Al Qur’an dan dalam banyak hadits-hadits sebagaimana tersebut di atas.

Ibadah-ibadah yang banyak dilakukan di bulan rajab seperti puasa, istighfar, dan sebagainya, tidak dikhususkan hanya dilakukan di bulan rajab saja sehingga tidak dilakukan di bulan-bulan lainnya. Alhamdulillah, umat islam berpuasa di setiap waktu yang mereka inginkan, baik itu di bulan rajab maupun bulan-bulan Al Hurum yang lain dan juga di bulan-bulan lainnya, sebagaimana beristighfarpun demikian. Memang beginilah yang seharusnya.

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat untuk seluruh umat islam dan mudah-mudahan Allah Subhanahu wata’ala menjadikan bulan Rajab ini sebagai bulan kemenangan bagi umat islam. Dan mudah-mudahan Allah Subhanahu wata’ala menjadikan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang memakmurkan bulan-bulan suci ini dengan kebaikan dan ketaatan karena Ulama juga berkata, "Bulan rajab bulan untuk menanam, sya'ban untuk menyiram, ramadhan untuk memanen."Mari raih kemenangan dibulan rajab bersama Wujud Aksi Nyata melalui link disini.