Sering Sakit? Enam Makanan Ini Bagus untuk Jaga Sistem Kekebalan Tubuh
Article

Sering Sakit? Enam Makanan Ini Bagus untuk Jaga Sistem Kekebalan Tubuh

  • 13 Jan 2021
  • Tinah

Hai #kawanaksi, kalian taukan vitamin C memiliki reputasi sebagai sumber gizi yang baik? Oleh sebab itu, jangan heran jika makanan-makanan di bawah ini memiliki kandungan tersebut. Di dalam tubuh, vitamin C bertindak sebagai antioksidan  melindungi sel-sel dari bahaya radikal bebas. Mengonsumsinya membantu tubuh untuk menyerap zat besi yang sangat penting bagi fungsi sistem imun. Meskipun makanan kaya vitamin C tidak langsung menyembuhkan gejala flu anda, namun mengonsumsinya secara teratur bisa mencegah penyakit. Berikut enam makanan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh:

1. Lemon
Lemon memiliki kandungan bio-flavonoid yang tinggi. Senyawa tersebut dapat membunuh radikal bebas yang menyebabkan kanker. Lemon juga mengandung vitamin C yang bisa membantu melindungi tubuh dari virus influenza dan infeksi lainnya.

2. Apel
Menurut sebuah studi pada 2015, orang-orang yang mengonsumsi satu apel setiap harinya, jarang mendapat resep obat dari dokter. Selain itu, mereka yang secara rutin makan apel, cenderung terhindar dari gejala asma. Apel juga kaya akan serat yang membantu mengurangi inflamasi. Bonusnya: mengonsumsi apel membuat kita kenyang lebih lama sehingga membantu menurunkan berat badan.

3. Sup ayam
Sup ayam membantu meredakan gejala flu, kemungkinan karena kaldu hangatnya menipiskan lendir di hidung sehingga dapat membersihkan dengan lebih mudah. Sup, secara umum, membantu hidrasi tubuh. Oleh sebab itu, makanan ini sangat baik dikonsumsi ketika sakit. Campurkan makanan padat nutrisi seperti wortel dan rempah-rempah segar dalam rebusan sup Anda.

4. Bawang putih
Aroma bawang putih memberikan banyak manfaat kesehatan. Aroma tajamnya berasal dari senyawa belerang, termasuk allicin. Para ilmuwan yakin bahwa allicin bisa memblokir enzim yang terlibat dalam infeksi. Sebuah penelitian juga menemuka kaitan antara asupan bawang putih dengan rendahnya risiko kanker perut, usus besar dan esofagus.

5. Jahe
Jahe, yang sering direkomendasikan untuk mengatasi rasa mual, kaya akan antioksidan dan antiinflamasi. Ia juga mengandung senyawa pendukung sistem imun: beta-karoten dan capsaicin. Sebuah review terbaru dari 60 studi menemukan fakta bahwa jahe memiliki efek menguntungkan pada beberapa penyakit, seperti obesitas, sakit jantung, dan diabetes.

6. Teh kamomil
Bunga kamomil kering telah digunakan selama ratusan tahun. Beberapa studi menyatakan bahwa tehnya dapat menyembuhkan sakit perut. Bunga kamomil mengandung senyawa flavonoid yang membantu mengurangi inflamasi dan rasa sakit.

Mari #kawanaksi, kita jaga kesehatan bersama dengan mengonsumsi makanan diatas. Agar kita bisa mengamalkannya kepada orang lain supaya mau menjagga kesehatan, apa lagi dimasa pandemik ini.