Tabung Massa Tulang untuk Kesehatan Masa Depan
Article

Tabung Massa Tulang untuk Kesehatan Masa Depan

  • 16 Jan 2021
  • Tinah

Memperbanyak massa tulang sejak dini, dengan berolahraga secara rutin, memang tak banyak dipikirkan orang. Padahal, inilah satu-satunya cara alami untuk memperlambat atau mencegah datangnya osteoporosis sebelum memasuki usia pensiun. Selain alami, olahraga juga praktis, gratis, dan gampang dilakukan. Hanya dengan membiasakan diri melakukan latihan fisik seperti jalan kaki, lari atau lompat, tulang akan bertambah kepadatannya. Sebenarnya kita bisa menjaga kesehatan tulang dengan cara sederhana yaitu dengan membiasakan diri melakukan latihan fisik seperti jalan kaki, lari atau lompat, tulang akan bertambah kepadatannya.

Menurut dr. Sadoso Sumosardjuno, Sp.KO, masa puncak pertumbuhan massa tulang adalah umur 30-an tahun. Nah, setelah kita melewati umur 30 tahun, massa tulang akan terus menurun. Tapi cepat-lambatnya penurunan itu tergantung aktivitas seseorang. Semakin banyak kita melakukan aktivitas fisik, penurunan massa tulang akan melambat. Bahkan menurut sebuah penelitian, massa tulang akan turun signifikan pada usia 30-70 tahun. Tak tanggung-tanggung penurunannya mencapai 40 persen. Oleh karena itu, akan lebih baik bila kita mengajarkan anak aktivitas fisik sejak balita. Sederhana saja, seperti mengajak anak jalan pagi atau lompat tali. Bukannya membiarkan mereka untuk asyik menontot tv selama berjam-jam. Bila kebiasaan itu berlangsung hingga remaja, nantinya kepadatan tulang pun akan menimbulkan masalah baru.

Sebenarmya latihan fisik bisa dikelompokan berdasarkan besar manfaatnya. Olahraga yang paling memiliki manfaat besar pagi tulang adalah lompat tali, lari, atau trampolin. Mereka dianggap sebagai olahraga yang paling bagus untuk mencegah kekeroposan tulang. Kedua ada senam aerobik high impact, olahraga bola voli, basket, dan olahraga sejenis. Terakhir, ditempati oleh olahraga renang dan bersepeda. Kedua olahraga ini bermanfaat untuk mencegah penyakit paru dan jantung. Sebenarnya ada juga olahraga yang tepat untuk mencegah kekeroposan tulang selain itu. Seperti latihan beban. Tapi, dosis latihan perlu kita perhatikan. Jangan sampai frekuensi, durasi, dan intensitas latihannya berlebihan. Kita bisa melakukan latihan ini secara selang-seling. Tujuannya agar ada kesempatan bagi otot untuk memulihkan diri.

Dengan begitu, mari dimulai dari diri sendiri untuk senantiasa menjaga tulang dengan rutin berolahraga karena dengan begitu kita mendapatkan banyak manfaatnya seperti panjang umur dan hidup dalam keadaan sehat sentosa.