Tips Cerdas Menghadapi Musim Hujan Anti Kebanjiran
Article

Tips Cerdas Menghadapi Musim Hujan Anti Kebanjiran

  • 20 Feb 2021
  • Difa Nur Fauziah

Seperti yang kita tahu bahwa negara Indonesia memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Di awal tahun ini Indonesia telah mengalami curah hujan yang signifikan. Datangnya musim hujan dapat menjadi penyebab banyak orang terkena penyakit, banyak warga yang diharuskan bermalam di pengungsian akibat banjir dan juga bisa mengakibatkan tejadinya longsor.

Maka dari itu kita harus mempersiapkan hal apa saja yang bisa dilakukan untuk menghadapi musim hujan agar tidak terkena banjir. Hal yang tidak asing lagi didengar ialah mempersiapkan payung sebelum hujan akan tetapi ada hal lain yang harus kalian persiapkan. Mari kita simak apa saja tips yang harus dipersiapkan di musim penghujan agar terhindar dari banjir.


1. Membersihkan Lingkungan Rumah
Musim hujan telah tiba, biasnya got atau selokan mulai tersumbat akibat banyaknya sampah yang ikut terbawa arus. Untuk menghindari  agar tidak terjadi, kita bisa membersihkan area luar rumah bergotong royong dengan tetangga bisanya kita sebut dengan "Kerja Bakti", jika tidak segera ditangani maka air akan dapat meluap dan masuk ke dalam rumah.


2. Menjaga Kesehatan
Musim hujan seperti saat ini seseorang akan rawan terkena penyakit. Maka kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh agar selalu stabil dalam situasi apa pun. Tetaplah untuk rajin berolahraga, tidak ada alasan untuk tidak berolahraga jika hujan turun kita bisa berolahraga di rumah. Tidak hanya itu kita juga harus mengonsumsi makanan bergizi, konsumsi penambah daya imunitas dan istirahat dengan cukup.


3. Periksa Kondisi Rumah
Tidak hanya memperhatikan lingkungan rumah saja, akan tetapi kita juga harus memperhatikan kondidi rumah. Jangan sampai atap rumah bocor karena hanya berfokus membersihkan solokan saja. Kita bisa mulai dengan memperbaiki sisi rumah yang rusak seperti atap rumah yang bocor, dinding yang merembas atau juga bisa dengan memasang terpal di halaman rumah agar air hujan tidak masuk.


4. Memeriksa Kondisi Kendaraan
Terkhusus seseorang yang memiliki kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, alangkah baiknya untuk memeriksa kondisi kendaraan. Bisa memulainya dengan mengcek kondisi rem, ban, kaca, AK dan komponen lainnya. Meskipun kamu tidak berpergian, namun langkah baiknya jika kita memastikan kendaraan dalam keadaan prima, apalagi di musim penghujan hal ini sangat disarankan. Dengan begitu kendaraannya akan siap digunakan kapan pun dan jika kendaraan sehat maka akan terhindar dari kecelakaan.


5. Kenali Potensi Bencana
Sebagaimana apa yang kita ketahui bahwa potensi dari hujan adalah bencana banjir dan tahan longsor. Untuk menghindari bencana saat musim hujan seperti saat ini, maka ada baiknya jika kita mengenali potensi bencana di wilayah sekitar rumah kita. Semua ini dilakukan semata-mata agar bisa lebih siap jika sewaktu-waktu bencana datang.

Tidak hanya itu sering berkembangnya zaman kita juga bisa mencari informasi kaitan cuaca diberbagai sumber, seperti melalui Handphone atau televisi dan beberapa media lainnya. Tetapi kita juga harus bisa menyaring berita mana yang fakta dan hoax.

Nah, inilah beberapa tips cerdas yang bisa kalian coba agar bisa menghadapi musim hujan supaya rumah kita tidak terkena banjir lagi.