Tips Hidup Sehat di Masa Pandemi
Article

Tips Hidup Sehat di Masa Pandemi

  • 22 Jul 2021
  • Zahra Nur Azizah

Sampai saat ini angka penyebaran covid-19 selalu bertambah terutama di Indonesia. Sudah berbagai peraturan yang dikeluarakan oleh pemerintah agar masyarakat selalu mengikuti protokol Kesehatan. Untuk mengurangi terpaparnya virus covid-19, hidup dengan pola yang sehat juga penting untuk menambahkan kualitas imun tubuh kita.

Dengan selalu mengatur hidup dengan baik dapat mempengaruhi diri kita sendiri dan hidup kita merasa lebih bermanfaat. Selain itu, hidup dengan pola yang baik juga bisa menambahkan imunitas tubuh kita. Imun tubuh memiliki cara kerja dengan 3 fungsi, pertama funggsi pertahanan, kedua fungsi homestatis dan terakhir fungsi pengawasan. 3 fungsi dapat membuat tubuh kita lebih semangat dan fit untuk melakukan berbagai aktifitas sehari-hari.

Dan pola hidup sehat yang kita lakukan bisa kita tularkan kepada banyak orang terutama orang yang dekat dengan kita yaitu keluarga, agar mereka juga bisa merasakan hidup dengan gaya yang sehat dengan banyaknya manfaat.

Selain dengan pola hidup yang sehat dan selalu menjaga jarak kita juga dapat melakukan beberapa tips yang dapat mengurangi penularan covid-19, mari kita simak dibawah ini:

1. Selalu mencuci tangan
Cuci tangan dapat dilakukan setelah kita berpergian, bermain dengan hewan peliharaan, sebelum makan dan hal lainnya. Dan mencuci tangan biasakan menggunakan sabun atau hand sanitizer jangan dengan air saja takutnya kuman yang ada ditangan kita belum sempurnanya mati.

2. Memakai masker saat keluar rumah
Dengan menggunakan masker kita dapat terhindar dari segala virus terutama covid-19 dan kita dapat mengurangi kenaikan angka penularan virus covid-19 di Indonesia salah satunya.

3. Olahraga secara teratur
Usahakan olahraga walaupun sekedar jalan kaki atau jonging, jika tidak mau keluar rumah bisa melakukan yoga ataupun senam didalam rumah.

4. Istirahat yang cukup
Tidur dengan teratur dan secukupnya dapat meningkatkan stamina dan membuat tubuh terasa fit dan bugar. Maka disituasi seperti saat ini seharusnya istirahat juga menjadi salah satu yang terpenting diantara yang lainnya, dengan begitu hindari tidur malam atau biasanya kita kenal dengan sebutan bergadang.

5. Hindari stress 
Point yang terakhir ini jangan sampai kita stress atau depresi karena hal ini dapat membuat tekanan pada mental kita yang membuat imun tubuh semakin meurun. Maka harus selalu happy agar kita terhindar dari yang namanya stress. 

Berikut ini adalah rekomendasi Kementerian Kesehatan RI, Tips Agar Tetap Sehat di Masa Pandemi COVID-19:
a. Di Rumah Aja.
b. Konsumsi Makanan Sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh.
c. Kurangi konsumsi alkohol dan minuman bergula.
d. Aktivitas Fisik 30 Menit/hari.
e. Jika bekerja di rumah.Setiap duduk 30 menit, istirahatlah.
f. Stop Merokok. Merokok meningkatkan risiko infeksi dan akan memperparah komplikasi akibat Covid-19.
g. Jika Anda stres, bingung dan takut, bicarakan perasaan Anda pada orang yang Anda kenal dan percaya dapat membantu.
i. Saling menguatkan diantara keluarga, tetangga dan teman, rasa kasih sayang juga menjadi obat.
j. Beribadah, baca buku, dengarkan musik, dan jangan cemas.
k. Dengar dan ikuti anjuran pemerintah yang disiarkan resmi setiap hari.

Sekarang kita sudah tahu bagaimana cara mengurangi penularan covid-19 yang ada di sekitar kita. Pastikan selalu mengikuti protokol Kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan selalu patuhi peraturan kesehatan bukan sekedar takut sanksi yang telah berlaku melainkan untuk kepentingan Kesehatan kita sendiri.