Tips Menghadapi Musim Hujan
News

Tips Menghadapi Musim Hujan

  • 30 Nov 2020
  • Admin
Hai #kawanaksi, tahukah kamu! Bahwa Indonesia tidak sama dengan negara-negera subtropis yang memiliki musim panas, musim dingin, musim kemarau dan musim semi yang terjadi di benua Amerika, Eropa dan sebagian wilayah  Asia. Negara kita hanya memiliki dua musim, yakni musim hujan dan kemarau, Karena kita terletak di daerah tropis, diantara Benua Asia dan Australia, diantara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, serta dilalui garis katulistiwa, menyebabkan Indonesia rentan terhadap perubahan cuaca.
Saat ini kita sedang memasuki musim hujan. Tetapi bukan berarti kita tidak dapat melaksanakan aktifitas sehari-hari, seperti pergi sekolah, bekerja, bertani, dan lain-lain. Hujan merupakan anugerah luar biasa dari Allah SWT yang patut kita syukuri bersama. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran:

"Dialah yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu. Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanaman-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kamu yang memikirkan" (An-Nahl, 10-11).

Bersyukur tidak hanya sebatas mengucapkan Alhamdulillah, melainkan bagaimana kita bisa melakukan perintah-Nya dan menjahui segala larangan-Nya. Salah satu perintah yang wajib kita lakukan selain rukun Islam, yakni bagaimana kita dapat memberikan manfaat kepada sesama. Di saat saudara kita terkena musibah, tanpa berfikir panjang kita membantu mereka. Contoh sederhana yang sering kita temui sehari-sehari, di saat perjalanan, ada saudara kita kehabisan bahan bakar. Kemudian kita meluangkan waktu untuk mendorongnya atau membantu membeli bahan bakar. Betapa bahagianya hati mereka saat dibantu oleh kita? Kebaikan tidak harus besifat besar, tetapi hal-hal sederhana kita bisa lakukan dan manfaatnya sangat luar biasa. Untuk itu, Wujud Aksi Nyata ingin berbagi tips sederhana menghadapi musim hujan, Selain mempersiapkan payung dan jas hujan, ada beberapa hal lainnya yang juga harus kamu persiapkan, nih. Mau tahu apa saja? Yuk, intip tips dari kami untuk menghadapi musim hujan:

1. Membersihkan lingkungan rumah
Jika curah hujan sudah tinggi nih, tentu banyak orang yang akan khawatir terhadap banjir di lingkungan rumahnya. Untuk itu, kamu perlu membersihkan lingkungan rumah sebagai persiapan menghadapi musim hujan. Cobalah untuk memeriksa saluran air, got, dan selokan di sekitar rumahmu. Bersihkan saluran air dari sampah dan lumpur yang mengendap. Bila perlu nih, ajak tetangga sekitar untuk bergotong royong membersihkan lingkungan rumah. Semakin banyak yang bekerja, tentu akan semakin cepat selesai bukan!

2. Mengatur tanaman
Nggak hanya membersihkan saluran air di sekeliling rumah, kamu juga perlu memperhatikan pepohonan yang ada di sekitar rumah, tuh. Apalagi jika kamu memiliki kebun di pekarangan rumah. Tentu kamu harus memperhatikan koleksi tanaman agar nggak rusak. Jika ada pohon yang sudah tua atau terlalu rimbun, jangan ragu untuk memangkas batang atau dahannya. Pohon yang terlalu tua bisa berpotensi tumbang saat hujan angin. Selain itu, dahan dari pohon yang terlalu rimbun juga bisa patah karena hujan lebat, tuh. Untuk kamu yang punya koleksi tanaman di pekarangan, pindahkan tanaman ke tempat yang lebih tertutup, ya cara lainnya adalah dengan memasangkan tenda atau terpal agar tanaman tidak rusak karena hujan.

3. Cek kondisi rumah
Selain membersihkan area luar rumah, kamu juga harus memperhatikan kondisi rumah, ya jangan sampai nih, selokan sudah bersih tapi atap rumah kamu justru bocor. Perbaiki sisi rumah yang rusak seperti kebocoran dari atap rumah, mengecat dinding dengan cat waterproof, atau memasang terpal di halaman rumah agar air tidak langsung kehalaman. Lakukan hal ini sebelum musim hujan tiba agar pengerjaannya lebih mudah.

4. Memeriksa kondisi kendaraan
Untuk kamu yang punya kendaraan pribadi seperti motor dan mobil, ada baiknya juga memeriksa kondisi kendaraan sebelum musim hujan tiba. Ceklah kondisi ban, rem, kaca, aki,dan komponen lainnya. Bila perlu, segera pergi ke bengkel terdekat untuk pemeriksaan menyeluruh kendaraan. Walaupun kamu nggak pergi ke mana-mana, nih, namun memastikan kendaraan dalam keadaan prima sangat disarankan saat memasuki musim hujan. Jadi kendaraanmu bisa siap digunakan kapan pun. Jika kendaraan “sehat” tentunya akan meminimalisasi kecelakaan.

5. Persiapkan sumber cahaya dan baterai cadangan
Saat turun hujan yang sangat deras, nih, kejadian pemadaman listrik juga sering terjadi. Siapa nih, yang pernah merasakan gelap-gelapan saat musim hujan? Tentu rasanya nggak nyaman,  kan? Untuk menghadapi musim hujan, sangat disarankan untuk mempersiapkan emergency lamp sebagai penerangan cadangan saat mati listrik. Kamu juga bisa menggunakan lilin untuk alternatif yang murah meriah. Powerbank portable juga sangat disarankan untuk kamu  disiapkan untuk menjelang musim hujan. Pastikan untuk selalu charge powerbank portable hingga penuh. Jadi kamu nggak akan kebingungan ketika baterai ponsel lemah di kala mati lampu. 

6. Kenali potensi bencana
Nggak bisa dipungkiri jika salah satu dampak dari musim hujan adalah potensi bencana seperti banjir dan tanah longsor. Untuk menghindari bencana saat banjir, ada baiknya kamu mengenali potensi bencana di wilayah masing-masing. Hal ini dilakukan agar bisa lebih siap jika sewaktu-waktu bencana datang. Bekali diri dengan sering memperbarui berita dan informasi cuaca dari berbagai sumber. Namun, kamu juga harus bisa menyaring berita hoax, ya. 

7. Tetap menjaga kesehatan 
Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi musim hujan adalah tetap menjaga kesehatan tubuh. Tentu tips di atas akan percuma jika tubuh tidak sehat. Tetaplah rajin untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi. Jika turun hujan, kamu bisa berolahraga di dalam rumah. Bila perlu nih, konsumsi juga vitamin penambah daya imunitas. Kamu juga bisa meminum kopi, teh, atau cokelat panas ketika cuaca sedang dingin. Perhatikan juga waktu istirahat dan tidur, ya. Hindari terlalu sering tidur karena hal ini hanya akan membuat tubuh lemas. Boleh saja rebahan sambil selimutan saat hujan, tapi jangan terlalu lama.

Itulah beberapa tips mudah untuk menghadapi musim hujan yang sebentar lagi akan datang. Nggak ada salahnya untuk “sedia payung sebelum hujan”, kan?
Mari Bisakan hidup sehat untuk diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar, khususnya pada musim penghujan saat ini.