Tips Sehat di Masa New Normal
Article

Tips Sehat di Masa New Normal

  • 14 Nov 2020
  • Difa Nur Fauziah

Saat ini wabah virus corona sudah mulai mereda sedikit demi sedikit, masa transisi ini disebut juga dengan New Normal, akan tetapi masyarakat masih kurang peduli akan kesadaran tentang anturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Saat ini sudah banyak kantor dan juga pusat perbelanjaan yang sudah dibuka kembali. Yuk #kawanaksi tetap menjaga kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak ketika keluar rumah. Jangan sampai terlena karena wabah virus corona ini masih ada di sekitar kita dan belum hilang sepenuhnya. Maka kita harus tetap menerapkan protokol-protokol kesehatan saat bepergian. 

Inilah Tips Hidup Sehat Dimasa New Normal

1. Mengonsumsi Makanan yang Bergizi
Untuk menaikkan imunitas tubuh, mengonsumsi makanan  yang bergizi sangatlah bermanfaat. Dalam hal ini bisa memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Ini disebabkan sayuran dan buah-buahan memiliki banyak kandungan vitamin, lebih dianjurkan lagi untuk mengolah makanan dari dapur sendiri . Dengan demikian, mengolah makanan sendiri dapat mengatur keseimbangan gizi kita dan juga sudah terjamin lebih higienis dari pada masakan yang dibeli di tempat umum. Selain itu, kita harus kurangi konsumsi makanan cepat saji karenaterdapat kandungan gizi yang rendah dan berpotensi untuk menurunkan imunitas tubuh. 

2. Beristirahat yang Cukup
Selain sebagai gejala stres, kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Sangat penting untuk mencukupi kebutuhan tidur terlebih lagi untuk anak-anak dan remaja karena disaat tidur tubuh mengeluarkan hormon untuk perkembangan tubuh. Tidur yang cukup berkisar dari 6 – 10 jam serta sangat dianjurkan untuk tidak begadang sebab bisa mempengaruhi kerja otak dan juga memperlambat pertumbuhan.

3. Berolahraga dan Berjemur
Berolahraga sangat baik bagi tubuh kita, terlebih lagi jika dibawah sinar matahari yang mana banyak mengandung vitamin D yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, menghirup udara segar yang kaya akan oksigen juga dapat membantu dalam meringankan kerja otak.

4. Rajin Cuci Tangan
Setelah beraktifitas dan bepergian jangan pernah lupa akan cuci tangan dengan sabun agar dapat mencegah penyebaran virus dan bakteri penyebab dari penyakit. Dengan membersihkan tangan dengan tepat mampu mencegah terjangkit penyakit pernapasan dan pencernaan. Adapun cara mencuci tangan yang dianjuran ialah dengan membasuh tangan menggunakan air bersih, usapkan sabun keseluruh bagian tangan termasuk sela-sela jari, selanjutnya bersihkan sabun dengan air bersih yang mengalir, tahap terakhir keringkan tangan dengan tisu atau lap kain yang bersih. 

5. Mengkonsumsi Multivitamin
Mengkonsumsi multivitamin merupakan cara yang simpel untuk tetap menjaga imunitas tubuh, banyak jenis multivitamin dari yang kimia dan juga herbal. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi multivitamin herbal, karena tidak ada efek samping dan kandungannya lebih terjamin. Multivitamin herbal yang sering kita jumpai adalah Habbatussauda (jintan hitam). Sebagaimana diriwayatkan dari Aisyah bahwa mendengar Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya al-Habbah as-Sauda’ ini adalah kesembuhan (Obat) dari setiap penyakit kecuali dari as-Sam”. Kataku (Aisyah): “Apa itu as-Sam?” Jawab Rasulullah : “Kematian”.”. Dan juga untuk menjaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi madu. Karena didalam madu terdapat obat yang menyembuhkan.

Itulah beberapa tips hidup sehat dimasa new normal, agar kita tidak mudah terjangkit penyakit dan dapat terhindar dari virus corona.
Gak Mahal kan Untuk Sehat?
Jadi, tunggu apa lagi?
Mari kita lakukan hal-hal yang dapat menjauhkan kita dari wabah virus corona ini sebagai bentuk ikhtiar kita dalam masa new normal. Kita juga di anjurkan untuk memperbanyak sedekah. Sebagaimana Nabi bersabda, “Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk” (HR. Tirmidzi). Jadi, dengan bersedekah kita akan dijauhi dari murka Allah dan kematian yang buruk.

Yuk #kawanaksi dan orang dermawan, kita perbanyak sedekah dengan ikut berdonasi untuk membantu saudara saudari kita disana. Pemberian dari kalian akan disalurkan untuk membantu masyarakat yang terdampak  akibat covid-19 dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya yang bertujuan untuk membantu masyarakat prasejahtera di pelosok Nusantara.